(World Tour Finals) Semakin Sulit

Anthony Sinisuka Ginting mengembalikan shuttlecock.
Anthony Sinisuka Ginting mengembalikan shuttlecock. (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Guangzhou | Peluang Anthony Sinisuka Ginting untuk bisa lolos ke babak semifinal tunggal putra BWF World Tour Finals 2018 Guangzhou semakin sulit setelah menelan kekalahan pada laga keduanya di fase penyisihan grup A. Anthony kalah dua game langsung, 8-21 dan 19-21 atas wakil Tiongkok, Shi Yuqi pada pertandingan yang berlangsung di Tianhe Gymnasium, Kamis (13/12).

Anthony belum berhasil mengantongi kemenangan dari dua pertandingan yang sudah dilaluinya. Saat menghadapi Chou Tien Chen di laga pembuka, peraih gelar juara di China Open 2018 BWF World Tour Super 1000 ini dipaksa menyerah 21-18, 18-21 dan 18-21. Dengan dua kekalahan ini, Anthony menghuni juru kunci grup A tunggal putra BWF World Tour Finals 2018.

“Di game pertama, saya tidak bisa keluar dari tekanan. Bola di sini berat, hari ini saya coba main seperti melawan Chou Tien Chen kemarin, tapi Shi Yuqi lebih banyak variasi pukulannya, sehingga saya sering di posisi kurang enak dalam mengembalikan bola. Otomatis ini memudahkan dia untuk menyerang. Di game kedua saya mencoba balik menyerang lebih dulu, pertahanan lawan juga rapat,” jelas Anthony Sinisuka Ginting.

Lebih lanjut Anthony mengungkapkan bila dirinya tidak puas atas penampilannya hari ini. Soal evaluasi, saya tidak puas dengan penampilan hari ini, kalau kemarin saya merasa bermain lebih baik, walaupun kalau dilihat dari hasil akhirnya masih kalah,” kata peraih medali perunggu Asian Games 2018 ini.

Dengan hasil ini, tunggal putra Tiongkok, Shi Yuqi berada di puncak klasemen grup A dengan koleksi dua kali kemenangan. Shi sudah dipastikan lolos ke babak semifinal BWF World Tour Finals 2018. Sementara posisi runner up grup tengah di perebutkan Chou Tien Chen dan Son Wan Ho. Sedangkan Anthony menyisakan satu pertandingan lagi melawan Son Wan Ho.