19 Bulan Tak Bertanding, Ihsan Punya Tekad Kuat Bangkit di Spain Masters

Ihsan Maulana Mustofa (Indonesia) mengembalikan shuttlecock.
Ihsan Maulana Mustofa (Indonesia) mengembalikan shuttlecock.
Nasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Setelah 19 bulan tak melakoni pertandingan internasional, pebulutangkis tunggal putra Indonesia besutan PB Djarum Kudus, Ihsan Maulana Mustofa punya tekad untuk kembali bangkit dari ‘hibernasinya’. Ihsan mengaku ingin maksimal dan enggan menyia-nyiakan kesempatan saat berlaga di ajang Spain Masters 2021 BWF World Tour Super 300 yang rencananya berlangsung di Huelva, Spanyol pada 18 hingga 23 Mei mendatang.

Pertandingan internasional terakhir yang Ihsan ikuti adalah Yuzu Indonesia Masters 2019 BWF Tour Super 100 di Malang, Jawa Timur, Oktober lalu. Saat itu dia ada di peringkat 60 dunia. Lama tidak bertanding, ranking dunia Ihsan otomatis merosot. Sekarang, posisinya tenggelam jauh ke peringkat 118 dunia.

Meski begitu, Ihsan tetap bersemangat bahkan punya tekad kuat untuk bangkit. “Pastinya target ingin juara. Saya tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan yang diberikan PB Djarum. Saya mau memaksimalkan pertandingan. Saya masih yakin bisa mengejar Jojo (Jonatan Christie) dan (Anthony Sinisuka) Ginting,” ungkap Ihsan Maulana Mustofa dilansir Jawapos.com.

Tapi perjuangan Ihsan untuk merebut puncak Spain Masters 2021 BWF World Tour Super 300 sepertinya tidak akan mudah. Pada laga pembuka saja, dia akan langsung bentrok dengan pemain ranking 19 dunia, unggulan pertama turnamen dan mantan rekan satu tim di Pelatnas PBSI, yaitu Shesar Hiren Rhustavito.

Dalam pertandingan resmi, Ihsan dan Shesar tercatat sudah tiga kali bertemu. Tapi Ihsan baru sekali memetik kemenangan atas Shesar, itu pun terjadi di babak semifinal Bangka Belitung Indonesia Masters 2018 BWF Tour Super 100. Saat itu Ihsan menang dua game langsung dengan skor 21-10 dan 21-10. Dan di turnamen itu pula, Ihsan sukses menyabet gelar juara.

“Sudah pernah menang dan kalah lawan Vito, latihan juga pernah bareng. Sempat chat juga setelah lihat hasil drawing, kok kami langsung ketemu,” katanya.

Pada Spain Masters 2021 BWF World Tour Super 300 nanti, Ihsan akan turun dengan tim bulutangkis PB Djarum. Selama pandemi ini, tidak ada turnamen nasional yang diselenggarakan. Untuk itu, PB Djarum mengambil inisiatif untuk mengirim beberapa atletnya untuk bertanding di luar negeri.