Cerita Juara All England Menjajal Puasa di Tanah Asing

Muhammad Shohibul Fikri (Humas PP PBSI)
Muhammad Shohibul Fikri (Humas PP PBSI)
Nasional ‐ Created by EL

Suncheon | Sejumlah pemain bulu tangkis Indonesia menjalani awal Ramadan di Korea Selatan. Satu di antara mereka adalah Muhammad Shohibul Fikri, yang bersama anggota skuad "Merah Putih" lainnya tengah bersiap turun di ajang Korea Open 2022, 5-10 April, di Suncheon. Mereka sudah berada di negeri ginseng itu sejak Kamis (31/3), setelah tampil di Swiss Open 2022.

"Suasana awal Ramadan di Korea seperti hari-hari biasa saja. Tidak seperti di Indonesia terdapat suasana khas bulan Ramadan," tutur atlet spesialis ganda ini, lewat siaran pers Humas PP PBSI, Minggu (3/4).

"Kesulitannya kita malamnya sebelum tidur harus membeli makanan dulu untuk persiapan sahur, tidak seperti di rumah atau di asrama yang sudah disediakan," Fikri, menambahkan.

Juara All England 2022 bersama Bagas Maulana itu mengaku baru kali pertama berpuasa di luar negeri. Pemuda asal Bandung ini sedih lantaran tidak bisa berkumpul bersama keluarga. "Perasaannya cukup sedih karena jauh dari keluarga, tidak bisa berbuka puasa bersama dan tidak bisa menikmati suasana bulan Ramadan di Indonesia," jelasnya.

"Ini pertama kalinya saya puasa di negara orang," ungkap Fikri.

"Tapi walau begitu saya masih bisa berkumpul dengan tim di sini. Sahur bersama dan buka puasa bersama. Itu mengobati rasa rindunya," pungkasnya.