Dokter: Proses Penyembuhan Cedera Fadia, Cukup Baik

Apriyani Rahayu & Siti Fadia Silva Ramadhanti (Humas PP PBSI)
Apriyani Rahayu & Siti Fadia Silva Ramadhanti (Humas PP PBSI)
Nasional ‐ Created by EL

Jakarta | Atlet ganda putri Siti Fadia Silva Ramadhanti yang mengalami cedera pergelangan kaki kanan saat berlaga di babak empat besar Malaysia Open 2023 bersama pasangannya Apriyani Rahayu, telah selesai menjalani tes MRI pada Minggu (15/2) di Jakarta. Proses penanganan dan penyembuhan Fadia berjalan cukup baik. Observasi masih terus dilakukan untuk melihat seberapa lama Fadia harus beristirahat sebelum kembali berlaga di lapangan.

"Kami tim dokter saat kejadian langsung berkomunikasi dengan yang ada di lapangan, pelatih, fisioterapis, dan dokternya. Data yang kami dapatkan di sana langsung di kirim ke sini dan kami pelajari," kata Kepala Tim Medis Pelatnas PBSI, Prof. Dr. dr. Nicolaas c. Budhiparama, PhD, SpOT(K), FICS, melalui siaran pers Humas PP PBSI, Selasa (17/1).

"Agar lebih detail kami juga lakukan MRI kepada Fadia, hal ini kami lakukan untuk mengetahui seberapa serius kondisi cederanya dan harus beristirahat berapa lama. Sementara ini, kami sudah melakukan semua sisi penanganan dari fisioterapinya dan lain-lainnya. Sampai hari ini, proses penyembuhan cederanya cukup baik," Nico, menjelaskan.

Sementara, dr. Grace Joselini Corlesa MMRS., Sp.KO yang juga bertugas sebagai dokter pelatnas PBSI mmenyatakan, keputusan kembali lapangan seorang atlet selepas cedera harus tepat bagaimanapun tingkat cederanya. "Kalau kami lihat cederanya memang cenderung ringan, ya. Tapi, kami tetap harus mengambil keputusan-keputusan yang tepat, meski berapapun tingkatan cederanya baik ringan, sedang ataupun berat," jelasnya.

"Semua kami komunikasikan, terutama kepada Prof. Nico," demikian Grace.