Greysia Polii Teratas, Susy Susanti Masuk 10 Besar

Liliyana Natsir & Yuni Kartika (Djarum Badminton)
Liliyana Natsir & Yuni Kartika (Djarum Badminton)
Nasional ‐ Created by EL

Jakarta | Media sosial telah menjadi sarana interaksi antara atlet dan para penggemarnya. Sebagai contoh, empat srikandi bulu tangkis Indonesia peraih keping emas Olimpiade, Susy Susanti, Liliyana Natsir, Greysia Polii, dan Apriyani Rahayu, yang menjalin interaksi dengan publik melalui jejaring sosial Instagram. Meski ada yang sudah gantung raket, tak sedikit dari para pecinta bulu tangkis yang menjadi pengikut (follower) dan setia mengamati serta mengomentari aktivitas mereka.

Greysia, yang dikabarkan pensiun pada tahun ini, "panen" pengikut seusai meraih keping emas Olimpiade Tokyo 2020. Pebulu tangkis berdarah Minahasa itu mengalami peningkatan jumlah pengikut hingga 418 ribu. Begitu pula dengan Apriyani, pasangan Greysia pada pesta olahraga dunia itu, yang meraup sekitar 342 ribu pengikut atau meningkat 146,9 persen setelah keduanya menjadi kampiun Olimpiade.

Berdasarkan penelusuran IDN Times, hingga awal Maret 2022, Greysia menduduki posisi puncak selaku pebulu tangkis putri Indonesia dengan jumlah pengikut terbanyak di Instagram. "Followers Greysia Polii sampai tembus 1,3 juta pengikut," tulis laman berita tersebut.

Apriyani, yang pada tahun ini bermain dengan dua partner, berada pada urutan kedua dengan 1 juta pengikut.

Pada urutan ketiga dan keempat, ada dua pemain ganda campuran, yakni Melati Daeva Oktavianti dan Liliyana Natsir. Melati, yang kini berstatus sebagai pemain non-pelatnas bersama pasangannya Praveen Jordan, memiliki 534 ribu pengikut. Sementara, Liliyana alias Butet, yang memiliki 531 ribu pengikut, terus menjadi pengamatan warganet meski telah gantung raket pada tahun 2019.

Salah satu peristiwa anyar yang diunggah peraih medali emas Olimpiade Rio de Janeiro 2016 bersama Tontowi Ahmad ini, yakni saat meneken kontrak kerja selaku duta Flypower milik mantan pebulu tangkis nasional Hariyanto Arbi.

"Kolaborasi ini memiliki makna begitu penting karena menyempurnakan paket juara Olimpiade Rio de Janeiro 2016 bergabung Flypower. Setelah Owi (Tontowi), kini menyusul Butet bergabung bersama Flypower," kata Hari, sapaan karib juara All England 1993 dan 1994 serta kampiun Kejuaraan Dunia 1995 ini.

Tunggal putri Indonesia Gregoria Mariska Tunjung menduduki peringkat kelima dengan jumlah pengikut 244 ribu. Di peringkat keenam ada nama pemain ganda putri Ribka Sugiarto. "Followers-nya tembus 200 ribu, lho!" tulis IDN Times.

Kemudian pada peringkat 7 hingga 9 diisi tiga atlet putri yang telah pensiun, yakni Debby Susanto pada urutan ke-7 dengan 171 ribu pengikut, Yuni Kartika (136 ribu, dan Susy Susanti (133 ribu).

Menutup sepuluh besar peringkat atlet bulu tangkis dengan pengikut jatuh pada Gloria Emanuelle Widjaja. Pemain jangkung spesialis ganda campuran ini memiliki 122 ribu pengikut.