Hari Ini PBSI Berusia 71 Tahun

Sesi foto para pengurus, pelatih, dan pemain PP PBSI, usai fun football di Senayan, Jakarta (Humas PP PBSI)
Sesi foto para pengurus, pelatih, dan pemain PP PBSI, usai fun football di Senayan, Jakarta (Humas PP PBSI)
Nasional ‐ Created by EL

Jakarta | "71 tahun PBSI terus berkarya untuk Tanah Air. Membangun atmosfer bulutangkis yang semakin maju dan profesional. PBSI JAYA. INDONESIA JUARA!," demikian kicauan Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) melalui akun Twitter-nya @INABadminton, Kamis (5/5) pagi. Hari ini, induk organisasi olahraga bulu tangkis Tanah Air itu memasuki usia ke-71 tahun.

"71 berkiprah mengharumkan negeri
71 tahun mengenalkan Indonesia lewat prestasi
71 tahun mengibarkan bendera Merah-Putih di puncak tertinggi
71 tahun mengumandangkan Indonesia Raya di podium internasional bulutangkis
," lanjut PBSI melalui kicauan kedua terkait hari jadinya.

Unggahan ini mendapatkan beragam respons dari warganet. Ada yang berharap PBSI dapat menjadi wadah bagi kemajuan prestasi para pebulu tangkis Indonesia. Ada yang berangan agar hari jadi ke-71 PBSI ini menyolidkan para pengurus. Umumnya, ucapan selamat ulang tahun kepada PBSI mengalir melalui jejaring sosial berlambang burung putih ini.

"Pibesdai PBSI semoga makin menjadi wadah yg baik utk atlet² bultang INA. Mampu utk selalu mencetak atlet² kebanggan bangsa, dan berjaya mengibarakan merah putih di kancah internasional. Aamiin," tulis @k0Ooom.

Pujian datang dari kicauan @haffidzul1104 yang menuliskan, "Selamat ulang tahun lembaga paling berprestasi di Indonesia."

Salah satu kicauan unik datang dari Trystanto, pemilik akun Twitter @Trystanto2, yang menyatakan, "Semoga tahun ini piala Thomas dipertahankan Min biar jadi kado ulang tahun buat pbsi wkwkwkw."

Kilas balik, PBSI lahir dari sebuah pertemuan yang diadakan di Gedung Concordia (kini Gedung Merdeka) di Jalan Asia Afrika, Bandung, pada 4-5 Mei 1951. "Pertemuan ini kemudian dicatat sebagai kongres pertama PBSI, karena dalam pertemuan itu pula lahir PBSI," tulis tim Historia dalam buku Dari Kudus Menuju Prestasi Dunia.

Pertemuan itu juga memutuskan Rochdi Partaatmadja selaku Ketua PBSI dan Dick Sudirman selaku Wakil Ketua PBSI. Selain itu, dalam pertemuan tersebut disepakati Bandung sebagai tempat kedudukan organisasi dan Jakarta sebagai lokasi perwakilan.

Selamat ulang tahun PBSI!