Inilah Susunan Pelatih Pelatnas PBSI 2020

Kevin Sanjaya Sukamuljo (tengah) bersama pelatih dan assisted pelatih ganda putra Indonesia.
Kevin Sanjaya Sukamuljo (tengah) bersama pelatih dan assisted pelatih ganda putra Indonesia.
Nasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Tidak hanya mengumumkan 105 daftar atlet, PP PBSI juga secara resmi telah mengumumkan susunan pelatih yang akan mengasah skuat Pelatnas musim 2020. Sebanyak 20 nama pelatih akan menjalankan perannya masing-masing di setiap sektor, baik level Utama maupun Pratama. Nantinya disetiap sektor akan diarsiteki satu pelatih dan satu asisten. Secara keseluruhan, perubahan hanya terjadi di sektor tunggal putri utama PBSI.

“Hanya tunggal putri saja yang berubah susunannya, sementara untuk sektor lain tidak ada perubahan. Kita mencoba untuk mengubah susunan agar fokus dengan target masing-masing. Untuk tunggal putri saya berharap Rionny fokus memegang atlet yang prioritas ke Olimpiade. Dibantu dengan Herli agar komunikasinya lebih lancar. Karena ada beberapa atlet pratama yang tahun ini naik ke utama,” jelas Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Susy Susanti.

“Sementara Minarti saya turunkan menjadi pelatih pratama, karena dulu kan Minarti bisa mengantarkan Gregoria jadi juara dunia junior. Jadi saya harapkan Minarti bisa menyiapkan ke situ lagi. Jadi lebih kepada bagi tugas saja. Masing-masing bisa fokus dengan target dan program untuk diberikan kepada atlet. Karena kalau Rionny dan Minarti sama-sama pegang yang utama, saya pikir agak sayang. Hasil ini berdasarkan meeting dan masukan juga. Saya ingin Minarti bisa memegang atlet junior dan menciptakan juara baru lagi,” sambungnya memgungkapkan.

Lebih lanjut Susy berharap bila pembagian tugas di level utama dan pratama kali ini bisa berjalan dengan lebih optimal. Tiap pelatih juga diharapkan mampu bertanggungjawab pada perkembangan atlet yang ditanganinya. Selain itu, Susy juga ingin proses pembinaan para pebulutangkis bisa terus berkesinambungan.

“Pelatih utama akan fokus untuk persiapan Olimpiade, dibantu asistennya yang juga mempersiapkan pemain pelapis. Pelatih pratama kemudian fokus untuk atlet muda, juga persiapan AJC dan WJC (Asia Junior Championships dan World Junior Championships), dibantu dengan asisten pelatih pratama. Sehingga saya harap nanti semua akan berkesinambungan. Jadi semua tahapan dan lapisan bisa terisi dan monitoringnya lebih jelas. Ini bagian dari pembagian tanggung jawab,” katanya.

“Kalau dulu ada Owi/Butet (Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir) yang bagus hingga juara di Olimpiade, tapi setelah itu sudah nggak ada, kosong karena fokusnya hanya Owi/Butet. Saya nggak mau seperti itu. Jelang Olimpiade yang prioritas fokusnya ke situ saja. Tapi pemain lapisnya juga tetap dijaga, tidak ditinggalkan dan diharapkan bisa berprestasi juga. Jadi ketika yang atas akan pensiun, pemain lapis ini sudah siap naik. Begitupun yang di pratama. Ada empat tahapannya di utama ada prioritas dan atlet utama lainnya, pratama dan magang. Saya nggak mau para atlet berada di zona nyaman. Kalau mereka memang sudah nggak bisa, mohon maaf, ini yang di bawah juga sudah siap buat naik,” tambahnya.

Selain mengumumkan 20 nama pelatih dan asisten yang akan menghuni Pelatnas PBSI, Susy juga mengatakan tidak me.perpanjang jasa Nitya Krishinda Maheswari yang sebelumnya diperbantukan pada sektor ganda putri.

“Tahun ini dari ganda putri, untuk Nitya yang sebelumnya diperbantukan untuk melatih, tidak akan diteruskan. Karena kita mau kuota pelatihnya semua sama, empat orang setiap sektor,” tutupnya.

 

Berikut susunan lengkap pelatih Pelatnas PBSI tahun 2020:

Tunggal Putra Utama :

1. Hendry Saputra Ho

2. Irwansyah (Asisten)

 

Tunggal Putra Pratama :

1. Jeffer Rosobin

2. Harry Hartono (Asisten)

 

Tunggal Putri Utama :

1. Rionny Federik Mainaky

2. Herli Djaenudin (Asisten)

 

Tunggal Putri Pratama :

1. Minarti Timur

2. Morico Harda (Asisten)

 

Ganda Putra Utama :

1. Herry Iman Pierngadi

2. Aryono Miranat (Asisten)

 

Ganda Putra Pratama :

1. Thomas Indratjaja

2. David Yedija Pohan (Asisten)

 

Ganda Putri Utama :

1. Eng Hian

2. Chafidz Yusuf (Asisten)

 

Ganda Putri Pratama :

1. Rudy Gunawan Haditono

2. Anggun Nugroho (Asisten)

 

Ganda Campuran Utama :

1. Richard Leonard Mainaky

2. Nova Widianto (Asisten)

 

Ganda Campuran Pratama:

1. Amon Sunaryo

2. Vita Marissa (Asisten)

 

Pelatih fisik :

1. Ary Bayu Marta (Felix)

2. Ari Subarkah

3. Ricky Susiono

4. Yansen Alpine

5. Iwan Hermawan