Linda Jadi Wakil Tunggal Putri di Olimpiade

Lindawei Fanetri
Nasional ‐ Created by BAZ

JAKARTA - Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia merilis nama-nama pemain yang akan mengisi enam slot kuota Indonesia di Olimpiade Rio de Janeiro, Brasil 2016. Enam kuota itu terdiri dari dua wakil ganda campuran dan masing-masing satu wakil di nomor tunggal putra, tunggal putri, ganda putra dan ganda putri.

Nama-nama pebulu tangkis yang akan mengisi kuota Indonesia di Olimpiade Rio 2016 ialah Tommy Sugiarto yang turun di nomor tunggal putra, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan di nomor ganda putra, Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari mewakili ganda putri dan dua pasang ganda campuran yakni, Tontowi Ahmad/Lilyana Natsir dan Praveen Jordan/Debby Susanto. Sedangkan Lindaweni Fanetri akhirnya dipilih mengisi slot di nomor tunggal putri.

Sebelumnya ada dua nama yang diprediksi PBSI buat mewakili tunggal putri Indonesia di Rio de Janeiro 5-22 Agustus mendatang. Selain Linda ada juga Maria Febe Kusumastuti.

Keduanya sempat terjadi kejar-kejaran peringkat antara Linda dan Maria Febe Kusumastuti, pemain binaan klub Djarum. Peringkat terakhir menyatakan Linda berada di posisi 22, dua tingkat lebih tinggi dari Febe yang duduk di posisi 24 dunia.

"Melihat rilis BWF, otomatis Linda lolos ke Olimpiade," sebut Rexy Mainaky, Kepala Bidang Pembinaan Prestasi PP PBSI, kemarin.

Hal lain yang mendasari terpilihnya Linda adalah penghitungan hasil head to head melawan pemain-pemain top dunia seperti Carolina Marin (Spanyol), Ratchanok Intanon (Thailand), Wang Yihan (Tiongkok) dan sebagainya. Hasilnya, Linda tercatat memiliki skor lebih tinggi dari Febe.

Dari segi peringkat dunia juga Linda berada diatas Febe. Selain itu, kami juga sudah menganalisa performance Linda dan Febe, secara hasil penghitungan head to head dengan pemain-pemain dunia, Linda lebih unggul,” ujar Rexy Mainaky, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI dalam konferensi pers di Pelatnas Cipayung, (Senin, 9/5).

Dua medali emas menjadi target tim bulutangkis di Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Dua sektor yang paling berpeluang untuk memenuhi target ini adalah sektor ganda putra dan ganda campuran. Namun tak menutup kemungkinan sektor tunggal putra, tunggal putri dan ganda putri membuat kejutan dan menyumbangkan medali.