Marcus: Makin Banyak Musuh, Makin Semangat

Kevin Sanjaya Sukamuljo & Marcus Fernaldi Gideon (Humas PP PBSI)
Nasional ‐ Created by EL

Jakarta | Ganda putra Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon tak terlalu mengkhawatirkan posisi mereka saat ini setelah tak lagi menempati peringkat satu dunia. Pasangan berjuluk "Minions" ini turun posisi dari peringkat satu dunia pada 20 September 2022 setelah selama 214 pekan secara beruntun menguasai puncak peringkat dunia. Bagi Kevin, yang paling utama adalah performa dan hasil dari setiap turnamen yang mereka lalui.

"Kita lebih fokus ke hasil setiap turnamen aja. Kita nggak mau mikirin peringkat. Peringkat, ya, sama aja. Toh kalau hasilnya bagus terus, peringkat akan naik. Jadi kita fokus di setiap hasil turnamen aja," tanggap Kevin, ditemui usai jumpa pers Indonesia Masters 2023 di kawasan Kuningan, Jakarta, Rabu (7/12) pagi.

Atlet spesialis ganda ini berharap, pencapaian mereka pada tahun ini bisa lebih baik di masa mendatang. Pada sisi lain Kevin juga mengakui, persaingan di sektor ganda putra semakin sengit, begitu pun dengan peningkatan kualitas performa para pasangan pelapis di pelatnas. "Sebenarnya dari dulu ada era-eranya semua. Sekarang mungkin sudah muai bergeser, dan emang dari dulu selalu sulit (persaingannya)," ujarnya.

"Sekarang lawan juga makin bagus, jadi kita harus bisa improve diri," Kevin, menambahkan.

Sementara, Marcus menampik anggapan jika posisi "Minions" terancam dengan kehadiran sejumlah ganda putra pelapis penghuni pelatnas. Justru, menurutnya, kehadiran para pasangan muda tersebut memotivasi mereka untuk giat berlatih dan terus mengejar prestasi terbaik. "Terancam, sih, nggak lah. Kita sama-sama main bareng terus," katanya.

"Makin banyak musuh jadi lebih membuat kita semangat, motivasi kita jadi meningkat," demikian Marcus.