Menjaga Kemilau Mutiara

Mutiara Ayu Puspitasari (Djarum Badminton)
Mutiara Ayu Puspitasari (Djarum Badminton)
Nasional ‐ Created by EL

Yogyakarta | Tak terperi rasa senang Mutiara Ayu Puspitasari karena berhasil memenangi partai puncak tunggal putri Indonesia International Series 2022 pada akhir pekan lalu di GOR Amongrogo, Yogyakarta. Lama nian atlet asal Ngawi, Jawa Timur ini, menanti untuk berdiri di podium teratas setelah berkali-kali bertanding lalu kandas dan harus puas dengan status semifinalis. "Bersyukur banget bisa juara di turnamen ini," ujarnya, puas.

Di kota gudeg, lulusan Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis 2016 itu menjadi atlet termuda yang meraih gelar juara. Pebulu tangkis kelahiran 17 Mei 2006 itu melewati laga dramatis tiga gim dan menang atas temannya di pelatnas, Stephanie Widjaja, dengan skor akhir 15-21, 21-10, 22-20.

Berkat daya juang, kerja keras, serta dengan pola pikir bermain lepas, Mutiara mampu bangkit. Bahkan ketika lawan telah mengantongi empat match point di gim penentu. "Di gim ketiga sempat ketinggalan dari lawan, saya berusaha untuk nggak menyia-nyiakan kesempatan," tutur atlet asal klub PB Djarum ini.

"Kunci kemenangan tadi adalah bagaimana caranya saya untuk mengarahkan bola ke tengah saja, agar tidak keluar dan nggak buru-buru ingin cepat matiin," Mutiara, mengungkapkan.

Mutiara juga mengakui, Stephanie menyuguhkan permainan bagus dan perlawanan yang cukup menyulitkannya dalam tiga gim tersebut. Di sisi lain, Mutiara juga merasa perlu melakukan evaluasi dan pembenahan di sana-sini, agar lebih matang lagi pada turnamen-turnamen selanjutnya. "Banyak evaluasi yang harus saya tingkatkan lagi. Terutama dari segi fokus sama ketahanan di lapangan," katanya.

Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation Yoppy Rosimin pun mengapresiasi hasil yang diraih oleh para atlet PB Djarum baik yang saat ini bermukim di klub maupun di pelatnas. "Saya melihat progres Mutiara sendiri cukup pesat sekarang ini," puji Yoppy.

Namun, ujian sesungguhnya adalah saat tampil di World Junior Championships (WJC) 2022 di Santander, Spanyol pada 17-30 Oktober. Yoppy berpendapat, WJC 2022 mennjadi ajang pembuktian bagi Mutiara untuk menjadi yang terbaik. "Semoga hasil ini menjadi modal kepercayaan dia di WJC maupun turnamen lainnya yang akan Mutiara ikuti nanti," ujarnya.

Lebih lanjut Yoppy menyatakan, dengan keberhasilan Mutiara menjadi juara di IIS 2022, semakin menambah gairah semangat para peserta Audisi Umum PB Djarum 2022, 19-22 Oktober, di Kudus, Jawa Tengah. "Ya tentunya dengan hasil ini kita sudah membuktikan, bahwa hasil pencarian bakat lewat Audisi Umum itu memang terbukti melahirkan juara seperti Mutiara dan atlet-atlet lainnya," jelasnya.

"Saya rasa, dengan kemenangan Mutiara ini bisa menambah antusias dan semangat atlet belia untuk mengikuti Audisi Umum nanti. Dan tentunya saya berharap lewat audisi nanti, kita bisa kembali melahirkan atlet-atlet bulu tangkis berbakat yang bisa mengharumkan nama Indonesia di masa yang akan datang," demikian Yoppy.