PBSI: Our Olympic Champions are Back!

Greysia Polii (Humas PP PBSI)
Greysia Polii (Humas PP PBSI)
Nasional ‐ Created by EL

Jakarta | "Catch me if you can...". Demikian keterangan foto pada unggahan akun Instagram PP PBSI. Kalimat itu kali pertama dilontarkan Frank Abagnale Jr., tokoh sentral yang diperankan Leonardo DiCaprio dalam film "Catch Me If You Can". Namun, dalam unggahan induk organisasi bulu tangkis Indonesia melalui jejaring sosialnya, kalimat tersebut digunakan untuk menjelaskan kegiatan dua Olimpian asal Indonesia, Greysia Polii dan Apriyani Rahayu, yang tengah menjalani tes fisik.

Greysia/Apriyani sudah kembali ke pelatnas PBSI di Cipayung, Jakarta, usai menghabiskan libur pergantian tahun. "Our Olympic Champions are back!" tulis PP PBSI melalui akun Instagram @badminton.ina, yang diikuti lebih dari 1,3 juta pengikut itu.

Ganda putri andalan "Merah Putih" merupakan peraih keping emas Olimpiade Tokyo 2020. Keduanya mencetak sejarah baru, selaku ganda putri pertama asal Indonesia yang mengoleksi medali emas Olimpiade, usai menundukkan pasangan China, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan pada partai final.  

Pasca-Tokyo 2020, kabar Greysia akan gantung raket sudah ramai diberitakan berbagai media massa. Ada dua sebab, usia dan keinginan pebulu tangkis berdarah Minahasa ini untuk menghabiskan lebih banyak waktu bagi keluarga, terutama sang suami, Felix Jimin,

Namun, pada Januari 2022, Greysia justru menunjukkan sinyal akan terus melanjutkan kariernya bersama skuat "Merah Putih" di pelatnas PBSI. Pancaran sinyal tersebut semakin kuat, usai muncul kicauan Greysia melalui akun Twitter-nya. "Temans, nanti akan ada saatnya aku jelaskan kenapa aku masih di pelatnas ditahun 2022 ini. Ada beberapa alasan yang bukan untuk kepentingan pribadiku semata," tulis atlet berusia 34 tahun itu.

"Kalau cuma mikirin kepentingan pribadi mah, sudah bukan disini tempatnya teman2," Greysia, menambahkan.

Kembalinya Greysia/Apriyani ke gerbang Cipayung juga telah disiarkan PP PBSI melalui keterangan resminya beberapa hari yang lalu. Setelah dipulangkan ke klub masing-masing sejak pertengahan Desember 2021, selain Greysia/Apriyani, tampak Kevin Sanjaya Sukamuljo, Fajar Alfian, M Rian Ardianto, Jonatan Christie, dan Anthony Sinisuka Ginting, yang menjalani tes kesehatan berkala di Cipayung.

Para atlet juga mengikuti tes fisik, Kamis (20/1), sebelum PP PBSI melakukan pemanggilan secara resmi melalui Surat Keputusan pemanggilan untuk kembali ke rutinitas latihan, jelang berbagai pertandingan penting yang telah menanti.