Piala Presiden 2022 - Atlet-atlet Muda PB Djarum Mendominasi

Jawa Tengah Juara Piala Presiden 2022 (Djarum Badminton)
Jawa Tengah Juara Piala Presiden 2022 (Djarum Badminton)
Nasional ‐ Created by EL

Jakarta | Kontingen Jawa Tengah sukses meraih titel juara umum pada Piala Presiden 2022 yang berlangsung di GOR Nanggala, Cijantung, Jakarta, Sabtu (6/8). Sembilan gelar juara berhasil diboyong yang seluruhnya disumbangkan oleh atlet-atlet muda PB Djarum. Aroma kemenangan sejatinya sudah tercium sejak semifinal yang didominasi oleh skuad Jawa Tengah. Pascalaga puncak, tim Jawa Tengah memastikan diri sebagai juara umum dengan sukses mengkoleksi 9 medali emas, 7 medali perak dan 12 medali perunggu.

Sementara, DKI Jakarta pada posisi runner-up dengan raihan 1 medali emas, 4 medali perak dan 8 medali perunggu. Lalu, disusul Sumatera Utara di posisi ketiga dengan 1 medali emas. Terakhir ada Banten dengan raihan 2 medali perunggu.

Pemberian trofi Piala Presiden 2022 diserahkan langsung oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang mewakili Presiden Joko Widodo, kepada Ketua Pengurus Provinsi PBSI Jawa Tengah Basri Yusuf. Kepala Negara berhalangan hadir karena harus menutup pesta olahraga ASEAN Para Games 2022 di Solo, Jawa Tengah. Selain mendapatkan Piala Presiden, Jawa Tengah juga mendapatkan hadiah uang pembinaan sebesar Rp250 juta.

Dalam sambutannya, Prabowo turut mengakui kehebatan atlet-atlet muda Jawa Tengah yang sukses meraih gelar juara umum. Mantan komandan jenderal Kopassus itu juga mengatakan, olahraga khususnya bulu tangkis harus terus dibina dan dikembangkan dengan baik sehingga bisa mengharumkan nama bangsa dalam persaingan di level dunia.

"Olahraga adalah bagian penting dalam pembangunan bangsa, kalau rakyatnya kuat, bangsanya kuat. Kalau rakyatnya lemah, bangsanya lemah. Karena itu olahraga adalah salah satu tolok ukur pembangunan suatu bangsa. Dari kejuaraan ini kita harapkan tiga sampai empat tahun yang akan datang akan mewakili Indonesia di kejuaraan-kejuaraan tingkat dunia.  Dan dalam kejuaraan ini dari 30 provinsi dan seperti yang kita tahu bersama Jawa Tengah keluar sebagai juara umum," kata Prabowo.

Sementara, Ketua Pengurus Provinsi PBSI Jawa Tengah, Basri Yusuf, memuji perjuangan para atlet muda di atas lapangan yang berhasil membawa tim Jawa Tengah ke podium tertinggi dan menjadi juara umum. Pada Piala Presiden 2022 ini, kontingen Jawa Tengah mengirimkan 66 atlet yang terdiri dari 55 atlet PB Djarum, 7 atlet Jaya Raya Solo, 3 atlet PMS Solo dan 1 atlet Tri Star Karanganyar. "Pengprov PBSI Jawa Tengah berterima kasih kepada klub-klub yang telah menerjunkan atletnya dalam turnamen ini, terutama kepada PB Djarum dan Jaya Raya Solo yang telah menyumbangkan gelar juara," tutur Basri, dalam siaran pers PB Djarum, Minggu (7/8).

Lebih lanjut Basri mengatakan, kemenangan para atlet muda di ajang Piala Presiden 2022 merupakan lecutan untuk berprestasi di ajang yang lebih tinggi lagi. Untuk itu, pembinaan atlet usia dini harus terus menerus dilakukan demi mengasah kemampuan, mental serta potensi para pebulu tangkis muda.

"Kemenangan Jawa Tengah di Piala Presiden edisi perdana ini saya harapkan dapat menjadi tolok ukur agar tim Jawa Tengah bisa memenangkan turnamen lainnya. Ini adalah awal yang baik, tapi jangan cepat puas. Para atlet harus terus mengasah diri sehingga kelak bisa menjadi aset yang mengharumkan nama bangsa di kancah dunia," Basri, menjelaskan.

Ketua PB Djarum Yoppy Rosimin menyatakan, kemenangan yang dipersembahkan atlet muda PB Djarum bagi kontingen Jawa Tengah di Piala Presiden 2022 merupakan buah manis dari pembinaan atlet usia dini yang selama ini telah berjalan. Pembinaan sejak dini tersebut, lanjut Yoppy, merupakan aspek fundamental dan sangat penting dalam skema piramida prestasi atlet.

"Turnamen Piala Presiden 2022 ini memang menjadi ajang bagi para atlet yang telah kami bina untuk menunjukkan kemampuan mereka di atas lapangan. Dan ternyata, mereka menjawabnya dengan prestasi. Tak hanya jadi juara umum, tapi kami juga melampaui target yang semula mengincar enam gelar juara, tapi berhasil membawa pulang sembilan gelar. Meski begitu tetap ada evaluasi yang harus dilakukan. Terutama untuk sektor tunggal putri," ungkap Yoppy.

Berikut nama-nama atlet Jawa Tengah peraih medali emas di Piala Presiden 2022:

Tunggal Anak-anak Putra U13: Alif M. Akbar
Tunggal Anak-anak Putri U13: Aqelatul Amaliyah Rahma
Tunggal Pemula Putra U15: Radithya Bayu Wardana
Ganda Pemula Putra U15: Muhammad Rizki Mubarrok/Raihan Daffa Edsel
Ganda Pemula Putri U15: Jolin Angelia/Shaafiya Yasmin Maitsaa
Tunggal Remaja Putra U17: Moh. Zaki Ubaidillah
Ganda Remaja Putra U17: Dapa Lesmana/Pulung Ramadhan
Ganda Remaja Putri U17: Bernadine Anindya Wardana/Titis Maulida Rahma
Ganda Remaja Campuran U17: Darren Aurelius/Titis Maulida Rahma