Polytron Walikota Cup Solo 2023 Digelar

Sesi foto bersama para narasumber jumpa pers Polytron Walikota Cup Solo 2023 (Djarum Badminton)
Sesi foto bersama para narasumber jumpa pers Polytron Walikota Cup Solo 2023 (Djarum Badminton)
Nasional ‐ Created by EL

Solo | Polytron Walikota Cup Solo 2023 mulai digelar sejak 5 Juni hingga 10 Juni di GOR Sritex Arena, Solo. Tak kurang, sebanyak 1.373 pebulu tangkis yang berasal dari 225 klub di Tanah Air bakal unjuk kemampuan terbaik di arena pertandingan guna merebut gelar juara dan total hadiah lebih dari Rp600 juta. Kejuaraan ini juga tak lepas dari dukungan Bakti Olahraga Djarum Foundation.

Ketua Pengurus Provinsi PBSI Jawa Tengah Basri Yusuf memberi apresiasi atas keseriusan penyelenggara yang menjadikan Polytron Walikota Cup Solo 2023 sebagai kejuaraan level nasional, sehingga dapat diikuti oleh berbagai klub dan atlet di penjuru Indonesia. Berbeda dengan gelaran tahun lalu yang hanya diikuti oleh atlet Jawa Tengah. Selain itu, penyelenggara juga memasukkan nomor pertandingan dewasa baik di partai tunggal, ganda, dan ganda campuran.

"Kehadiran kelompok dewasa dalam Polytron Walikota Cup Solo 2023 ini bertujuan sebagai wadah uji kemampuan bagi para atlet junior yang baru beranjak dewasa. Karena di tingkat nasional, pertandingannya minim. Dalam satu tahun mungkin hanya satu dua kejuaraan yang memasukkan kategori dewasa. Sementara para atlet itu butuh jam terbang untuk masuk ke jenjang senior," jelas Basri.

"Untuk itu, saya berterima kasih kepada Polytron yang melalui kejuaraan ini telah menunjukkan kepedulian pada pembinaan atlet di seluruh jenjang, dari usia dini hingga dewasa," Basri, menambahkan.

Polytron Walikota Cup Solo 2023 akan mempertandingkan 26 kategori usia. Di level junior terdapat nomor tunggal putra dan tunggal putri (U11, U13, U15, U17, dan U19), ganda putra dan ganda putri (U13, U15, U17, dan U19), serta ganda campuran (U15, U17, dan U19). Sementara kategori dewasa akan mempertandingkan lengkap lima partai yakni tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri dan ganda campuran.

Wakil Ketua Pelaksana Polytron Walikota Cup Solo 2023, Eddy Prayitno, menyatakan panitia telah siap menyambut ribuan atlet pebulu tangkis yang datang dari penjuru Indonesia tersebut. Demi memastikan kejuaraan ini berjalan lancar, pertandingan akan digelar di 12 lapangan yang tersebar di tiga gelanggang olahraga yakni GOR Sritex A, GOR Sritex B dan GOR Universitas Sebelas Maret.

"Mewakili seluruh panitia, kami mengucapkan selamat datang kepada para atlet. Manfaatkanlah kejuaraan ini dengan sebaik-baiknya, tunjukkan kemampuan seoptimal mungkin di atas lapangan dan semoga melalui kejuaraan ini dapat lahir atlet-atlet yang bisa meneruskan kejayaan bulutangkis Indonesia," demikian Eddy.