(Blibli Indonesia Open 2018) Pada Siapa Gelar Tunggal Putra Tahun Ini Akan Berlabuh?

Kento Momota Pada Saat Menjuarai Indonesia Open Tahun 2015.
Kento Momota Pada Saat Menjuarai Indonesia Open Tahun 2015.
Indonesia Open ‐ Created by AH

Tak mudah menerka siapa yang akan merebut tahta juara tunggal putra Blibli Indonesia Open 2018. Viktor Axelsen, pemain Denmark yang merupakan pemain rangking satu dunia, baru saja pulih dari cedera dan belum kembali ke penampilan terbaiknya. Di laga semifinal Piala Thomas 2018 antara Denmark melawan Jepang, Axelsen menyerah dua game langsung dari Kento Momota. Momota memang menjadi momok bagi para tunggal putra papan atas. Walaupun sempat absen beberapa tahun, Momota kini menggebrak dan siap mengulangi suksesnya di Istora saat menjadi jawara di BCA Indonesia Open 2015

Dari negeri Tiongkok, pemain muda juara All England 2018, Shi Yuqi, juga tak dapat dianggap enteng. Shi tampil gemilang di putaran final Piala Thomas 2018, ia tercatat tak pernah gagal menyumbang angka kemenangan bagi tim Tiongkok. Shi juga membuat kejutan dengan menumbangkan seniornya, Lin Dan, di final All England 2018.

Aksi para pemain senior yang masih malang melintang panggung bulutangkis elit dunia, tentunya tetap dinantikan. Sebut saja Lin Dan dan Chen Long dari Tiongkok, serta Lee Chong Wei, ketiganya masih sulit untuk ditaklukkan. Lee Chong Wei mengincar gelar Indonesia Open ke-7 di tahun ini, pemain terbaik Negeri Jiran ini tercatat sudah enam kali menggondol gelar juara di Indonesia Open pada tahun 2007, 2009, 2010, 2011, 2013 dan 2016.

Tahun lalu, gelar tunggal putra diamankan Kidambi Srikanth asal India. Ia mencetak sejarah baru sebagai pemain tunggal putra pertama India yang berhasil memenangkan gelar di Indonesia Open. Akankah Srikanth mempertahankan gelarnya? Atau langkahnya justru dihentikan wakil-wakil Indonesia yang akan turun seperti Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie dan Tommy Sugiarto?

Anthony menjadi tunggal putra Indonesia yang grafik penampilannya tengah menanjak. Juara Korea Open Super Series 2017 dan Daihatsu Indonesia Masters 2018 ini berpeluang untuk membuat kejutan. Sementara itu Jonatan Christie kini menjadi tunggal putra Indonesia dengan peringkat 14 dunia. Sederet pemain-pemain papan atas sudah pernah ditundukkan Jonatan, seperti Kidambi Srikanth, Shi Yuqi, serta pemain rangking dua dunia asal Korea, Son Wan Ho.

Titel juara tunggal putra Indonesia terakhir kali direbut Simon Santoso pada tahun 2012. Akankah gelar tunggal putra tahun ini kembali ke Indonesia?