2 Tunggal Putra Malaysia Cedera, BAM Tetap Optimistis

Lee Zii Jia (Malaysia) mengembalikan shuttlecock.
Lee Zii Jia (Malaysia) mengembalikan shuttlecock.
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Untuk saat ini, Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) tengah dilanda kekhawatiran menyusul cedera yang dialami dua tunggal putranya, Lee Zii Jia dan Leong Jun Hao jelang putaran final Piala Thomas dan Uber 2020 yang akan berlangsung di Aarhus, Denmark pada 3 hingga 11 Oktober mendatang.

Cedera yang dialami Lee dan Leong terjadi ketika keduanya tengah berlaga di kejuaraan internal BAM Invitation Championships, pekan lalu. Lee dan Leong dikabarkan mengalami sobek otot. Keduanya diperkirakan harus beristirahat selama satu bulan untuk penyembuhan.

“Mereka telah menjalani pemindaian ultrasound di National Sports Institute dan sedang dirawat karena sobek otot. Punggung bawah untuk Zii Jia dan pinggul kanan untuk Jun Hao,” kata Direktur Pelatihan BAM, Wong Choong Hann sebagaimana dilansir indosport.com dari Nst.com.my.

Bila tak kunjung pulih, cedera yang dialami Lee jelas akan menjadi kerugian besar bagi tim Thomas Malaysia. Mengingat, Lee adalah tunggal putra nomor satu Negeri Jiran. Terlebih lagi, Malaysia berada satu grup dengan tim Thomas Indonesia. Meski begitu, Choong Hann tetap optimistis bila Lee dan Leong akan segera pulih dari cedera yang mereka alami sebelum putaran final Piala Thomas dan Uber 2020.

“Pertama, istirahat selama sebulan bukan berarti Zii Jia dan Jun Hao sama sekali keluar dari program pelatihan dan rehabilitasi. Kami akan memantau kemajuan mereka, dan saya optimistis mereka akan kembali beraksi,” ungkapnya.

Lebih lanjut Choong Hann menyebut bila dirinya tidak terlalu khawatir dengan keadaan Lee Zii Jia dan Leong Jun Hao. Sebab menurut Choong Hann, kedua tunggal putranya itu masih memiliki banyak waktu untuk memulihkan cederanya.

“Zii Jia dan Jun Hao masih punya waktu untuk melakukan pemulihan yang tepat. Saya tidak terlalu khawatir,” tutupnya.