Anthony Amankan Tempat di Babak 16 Besar

Anthony Sinisuka Ginting (Indonesia) bersiap menyambut pengembalian. (Foto: BADMINTONPHOTO - Yves Lacroix)
Anthony Sinisuka Ginting (Indonesia) bersiap menyambut pengembalian. (Foto: BADMINTONPHOTO - Yves Lacroix)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Satu wakil Indonesia kembali berhasil mengamankan satu tempat di babak 16 besar Olimpiade Tokyo 2020. Kali ini datang dari tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting. Anthony lolos ke 16 besar setelah mengantongi dua kemenangan di fase Grup J. Di laga terakhir, Anthony menang straight game 21-12 dan 21-10 atas wakil Rusia, Sergey Sirant pada pertandingan yang berlangsung di Mushashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Rabu (28/7).

“Pertama-tama, Puji Tuhan saya bisa bermain bagus hari ini dan tanpa cedera apapun. Hari ini saya bisa mengendalikan jalannya pertandingan dengan baik dari awal sampai akhir. Jadi saya harap, besok juga saya bisa mengendalikan pertandingan. Lawan semakin tangguh. Jadi saya akan mencoba untuk tetap fokus dan menikmatinya,” kata Anthony Sinisuka Ginting usai bertanding.

Sebelumnya, tunggal putra nomor satu Indonesia itu juga berhasil memetik kemenangan dengan relatif mudah di laga pembuka fase penyisihan Grup J. Berhadapan dengan pemain Hungaria, Gergely Krausz, Anthony menang dengan skor nyaman 21-13 dan 21-8.

Lolos ke babak 16 besar Olimpiade Tokyo 2020 dengan status juara Grup J, kemungkian besar Anthony akan berhadapan dengan wakil tuan rumah, Kanta Tsuneyama. Jika terjadi, itu akan menjadi pertemuan keempat bagi Anthony dan Tsuneyama.

Meski di atas kertas Anthony berstatus unggulan kelima, namun dia memiliki catatan kurang menyenangkan dengan Tsuneyama. Sebab, pada tiga pertemuan sebelumnya, Anthony tercatat baru sekali mengantongi kemenangan. Bahkan pada pertemuan terakhir mereka di ajang Kejuaran Dunia 2018 lalu, Anthony harus menelan kekalahan dengan skor 17-21 dan 13-21.

“Saya akan mencoba menonton salah satu pertandingan terakhirnya dan mengingatkan diri saya sendiri tentang pertemuan terakhir kami dan bersiap untuk melawannya nanti,” tutup Anthony.