(Asian Games 2018) 20 Pemain Indonesia Masuk Dalam Susunan Tim Inti di Asian Games 2018

Muhammad Rian Ardianto/Fajar Alfian. (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by

PBSI telah menentukan 20 pebulutangkis yang masuk dalam tim inti di Asian Games 2018 pada Sabtu, (30/6). Sebanyak 20 pemain yang terdiri dari 10 pemain putra dan putri bakal turun di pesta olahraga se Asia ini. Cabang bulutangkis akan dimainkan di Istora Senayan pada 19-28 Agustus 2018, terdiri dari nomor beregu putra, beregu putri serta perorangan.

Di daftar pemain ganda putra ada nama Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang mendapat kepercayaan untuk mengemban tugas baik di nomor beregu maupun perorangan. Sementara Ricky Karanda Suwardi/Debby Susanto akhirnya terpilih bersama pasangan ganda campuran andalan, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir. 

"Dasar kami memilih pemain ke Asian Games itu tentunya ada beberapa pertimbangan. Untuk Ricky/Debby, karena kami berharap mereka lebih konsisten, fokus dan bertanggungjawab untuk tugas yang mereka emban di Asian Games," ujar Susy.

"Mengenai Fajar/Rian, kami menilai secara prestasi mereka lebih baik dari yang lain, terutama di 2018 ini," kata Susy.

Selain itu, hanya ada tiga pemain tunggal putra yang masuk dalam tim inti. Artinya, tidak ada pemain cadangan tunggal putra pada pertandingan beregu.

"Karena nama-nama inilah yang ada di dalam long list dan berhak untuk main. Otomatis cadangan harus siap untuk main rangkap single dan double di beregu," jelas Susy.

Sementara itu Kepala Pelatih Ganda Putra PBSI, Herry Iman Pierngadi, mengutarakan alasannya memilih Fajar/Rian dari beberapa kandidat kuat, salah satunya peraih emas Asian Games 2014, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan.

"Selain penilaian dari beberapa turnamen terakhir, rangking, saya juga pertimbangkan soal regenerasi. Fajar/Rian mencerminkan generasi muda ganda putra Indonesia, generasi ganda putra kita selanjutnya. Ini demi Olimpiade Tokyo 2020, persiapannya harus dari sekarang," ujar Herry.

Ganda putra menjadi salah satu andalan di Asian Games 2018, apalagi kini pasangan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon tengah merajai peringkat ganda putra dunia.

"Saya tetap optimis ganda putra bisa memberikan medali emas untuk Indonesia, semoga harapan ini bisa terwujud," tutur Herry.

Berikut daftar tim inti bulutangkis di Asian Games 2018:

Beregu Putra:

  1. Jonatan Christie
  2. Anthony Sinisuka Ginting
  3. Ihsan Maulana Mustofa
  4. Kevin Sanjaya Sukamuljo
  5. Marcus Fernaldi Gideon
  6. Fajar Alfian
  7. Muhammad Rian Ardianto
  8. Mohammad Ahsan
  9. Tontowi Ahmad
  10. Ricky Karanda Suwardi

Beregu Putri:

  1. Fitriani
  2. Gregoria Mariska Tunjung
  3. Ruselli Hartawan
  4. Greysia Polii
  5. Apriyani Rahayu
  6. Della Destiara Haris
  7. Rizki Amelia Pradipta
  8. Ni Ketut Mahadewi Istarani
  9. Liliyana Natsir
  10. Debby Susanto

Perorangan:

Tunggal Putra
Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting

Tunggal Putri
Fitriani dan Gregoria Mariska Tunjung

Ganda Putra
Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto

Ganda Putri
Greysia Polii/Apriyani Rahayu dan Rizki Amelia Pradipta/Della Destiara Haris

Ganda Campuran
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dan Ricky Karanda Suwardi/Debby Susanto

sumber : Humas PBSI