(Asian Games 2018) Antisipasi Kekuatan ‘Samurai’

Kento Momota
Kento Momota (Jepang)
Internasional ‐ Created by sibimoo

Jakarta | Mental tim bulutangkis putra Indonesia memang tengah di atas angin. Terbukti, Kevin Sanjaya Sukamuljo dkk sukses melaju ke partai semifinal beregu Asian Games 2018 lewat kemenangan 3-1 atas India, Senin (20/8). Kendati demikian, pasukan Merah-Putih tidak boleh terlena. Sebab, skuat Negeri Samurai tengah bersiap menyusun strategi demi menjegal langkah Indonesia melaju ke partai puncak.

Salah satu pasangan ganda putra terbaik Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto mengaku jika timnya harus siap mengantisipasi berbagai macam faktor yang sekiranya mampu menggagalkan laju skuat Merah-Putih.

Salah satu faktor yang harus diantisipasi Indonesia atas Jepang adalah semangat daya juang tinggi para pebulutangkisnya. Pasukan negeri Sakura merupakan lawan yang terkenal akan hal itu.

"Jepang terkenal dengan pemain-pemain yang memiliki semangat berjuang yang sangat tinggi. Namun, kami tetap optimistis bisa meraih kemenangan. Bagi kami yang terpenting saat ini adalah menjaga kondisi agar besok bisa bertanding dengan baik," ujar Fajar Alfian sebagaimana dikutip dari bola.com.

Sebelum melangkah ke partai semifinal, tim putra Jepang begitu mudahnya menundukkan kekuatan Korea yang dihuni pemain sekaliber Son Wan Ho. Artinya, Indonesia tidak boleh memandang sebelah mata kekuatan Kento Momota cs.

Kemungkinan besar, Indonesia masih akan menurunkan Anthony Sinisuka Ginting di sektor tunggal pertama. Sementara dari kubu Samurai, Kento Momota diprediksi akan turun menghadapi Ginting. Rekor pertemuan keduanya masih diungguli Kento dengan tiga kali kemenangan. Terakhir keduanya bertemu di babak 16 besar Blibli Indonesia Open 2018. Sementara Ginting pernah satu kali mengalahkan Kento di ajang Hong Kong Open 2015 silam.

Meski di atas kertas kalah dari Momota, namun Ginting punya modal penting lewat kemenangan apik atas Srikanth Kidambi di babak perempat final Asian Games 2018, Senin (20/8). Tentunya, kemenangan tersebut menjadi motivasi sendiri buat Ginting untuk berusaha memberikan yang terbaik.

Sementara dari sektor ganda Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon masih menjadi andalan. Kompetitor terberat minion pada babak semifinal nanti adalah pasangan peringkat tiga dunia, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda. Catatan pertemuan keduanya pun masih seimbang 4-4. Terakhir, Kevin/Marcus harus mengakui keunggulan Takeshi/Keigo dalam laga perempat final Kejuaraan Dunia 2018 di Nanjing.

Djarum Badminton memprediksi partai semifinal beregu putra Asian Games 2018 yang mempertemukan Indonesia kontra Jepang ini akan berlangsung sangat sengit. Kemungkinan, perebutan tiket final akan dicapai hingga partai kelima.