BAC 2022 - Dua Laga "All-Indonesian Semifinals", Praveen/Melati Hadapi Unggulan Teratas

Muhammad Rian Ardianto & Fajar Alfian (Humas PP PBSI)
Muhammad Rian Ardianto & Fajar Alfian (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Ada lima wakil Indonesia yang akan bertanding di tiga pertandingan semifinal Kejuaraan Bulu Tangkis Asia (BAC) 2022. Tiga di antaranya adalah pemain unggulan keempat kejuaraan ini. "All-indonesian semifinals" tercipta pada sektor tunggal putra dan ganda putra, sementara ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti akan berhadapan dengan unggulan teratas dari China, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong.

Dalam catatan BWF Tournament Software, Praveen/Melati sudah 10 kali bertemu dengan Zheng/Huang. Ganda campuran Indonesia yang diunggulkan di peringkat keempat pada kejuaraan ini, baru mengantongi dua kali kemenangan atas Zheng/Huang. Dua kemenangan tersebut diraih di babak perempat final Denmark Open 2019 dan final French Open 2019.

Pada sektor ganda putra, unggulan keempat Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto akan bertemu junior mereka di pelatnas, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan. Kedua pasangan pernah sekali bertemu, yakni di babak perempat final HYLO Open 2021. Pram/Yere unggul 1-0 atas Fajar/Rian setelah memenangkan laga di Saarbrücken tersebut melalui straight games 21-11, 25-23.

Kemudian semifinal tunggal putra BAC 2022 mempertemukan kembali unggulan keempat Jonatan Christie alias Jojo dengan Chico Aura Dwi Wardoyo. Hampir serupa dengan Fajar/Rian dan Pram/Yere, Jojo dan Chico baru sekali bertemu, yakni di Indonesia Open 2021. Jojo unggul 1-0 atas juniornya itu setelah memenangkan laga yang berlangsung di Nusa Dua, Bali, lewat dua gim langsung 21-11, 21-12.

Babak empat BAC 2022, Sabtu (30/4), kembali digelar di Muntinlupa Sports Complex, Manila, mulai pukul 13.00 waktu setempat atau pukul 12.00 WIB. Berikut susunan pertandingan para wakil Indonesia:

  • Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (China/1) vs. Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti (4)
  • Chico Aura Dwi Wardoyo vs. Jonatan Christie (4)
  • Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (4) vs. Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan