BAC 2023 - Rinov/Pitha Gagal Menjaga Konsistensi

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (Humas PP PBSI)
Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari gagal meredam perlawanan wakil Malaysia, Goh Soon Huat/Lai Shevon Jemie, di perempat final Badminton Asia Championship (BAC) 2023 di Sheikh Rashid Bin Hamdan Indoor Hall, Al Nasr Club, Dubai, Uni Emirat Arab, Jumat (28/4). Ganda campuran Indonesia tersebut kalah tiga gim 17-21, 21-15, 19-21 dalam pertandingan berdurasi 55 menit.

"Kalau sudah bertemu dengan lawan yang satu level seperti ini memang harus konsisten. Dan lawan melakukan itu hari ini, bagaimana saat mereka tertinggal dan saat unggul, betul-betul konsisten untuk menjaga polanya," kata Pitha, sebagaimana dikutip dari Antara.

Kekalahan tersebut sekaligus memperlebar jarak skor pertemuan antara Rinov/Pitha dan Goh/Lai menjadi 1-4. Pada pertemuan terakhir yang terjadi di World Tour Finals 2022, duo Indonesia mengunci kemenangan dua gim langsung atas unggulan kedelapan itu. Namun, perbedaan strategi pada pertemuan hari ini membuat Pitha kesulitan mencari pola bermain yang tepat.

"Pertemuan terakhir kami bisa menang dua gim langsung karena saya enak bermain di depan, tapi tadi dari gim pertama sampai ketiga saya belum menemukan feeling yang enak di lapangan. Sebetulnya itu tidak boleh terjadi dengan waktu yang lama tapi tadi sudah mencoba berusaha," Pitha, menjelaskan.

Sementara, Rinov menuturkan, pertandingan tersebut berjalan alot. Setelah mengemas kemenangan gim kedua, Rinov/Pitha justru kehilangan fokus pada gim penentu yang krusial. Selain itu, Rinov juga menemukan perbedaan pola permainan lawan dibanding pertemuan terakhir. Hal itu membuat Rinov/Pitha kesulitan mengatur strategi terbaik.

"Dibanding pertemuan terakhir, pemain putranya hari ini sangat pintar dalam mengatur pola dan ritme permainan, tapi itu sudah kami antisipasi. Kami kalah di faktor konsentrasinya," demikian Rinov.