(Badminton Asia Championships 2016) Tontowi/Liliyana Ingin Pertahankan Gelar

Internasional ‐ Created by AH

WUHAN - Juara ganda campuran Badminton Asia Championships 2015, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir berharap tak ingin lengah di lapangan pada Badminton Asia Championship tahun ini. Keduanya bertekad untuk bisa mempertahankan gelar dan bisa memberikan penampilan terbaiknya.

“Tahun lalu kami bisa juara. Mudah-mudahan kami bisa mengulang seperti hasil tahun lalu. Tapi lawan juga semakin merata. Kami sudah nggak bisa lagi lengah di babak awal, lihat lawan masih mudah atau apa. Sekarang semua kemungkinan bisa terjadi. Apalagi teknologi juga semakin canggih. Semua permainan kami bisa dipelajari. Yang membedakan mungkin bisa dibilang hanya pengalaman sama kuat mentalnya aja di lapangan,” ungkap Liliyana.

Di babak pertama, Tontowi/Liliyana melaju tanpa keringat setelah mendapatkan bye. Kemudian di babak dua, mereka kemungkinan akan berhadapan dengan Xu Chen/Ma Jin, Tiongkok. Xu/Ma kemungkinan besar bisa menang mudah dari lawan pertamanya asal Kazakztan, Artur Niyazov/Veronika Sorokina.

Dengan Xu/Ma, Tontowi/Liliyana sudah sering berhadapan di lapangan. Tontowi/Liliyana mengantongi 8 kemenangan dari 18 pertandingan. Pasangan Indonesia ini punya catatan positif di dua pertemuan terakhir. Mereka menang straight game di Badminton Asia Championships 2015 dan French Open 2014 lalu.

“Babak pertama kami dapat bye, sebenarnya ada untung dan ruginya. Karena kami jadi nggak bisa coba lapangan, sementara di babak dua sudah ketemu Xu Chen/Ma Jin. Walaupun terakhir bertemu kami menang, performa mereka di dua turnamen belakangan bisa dibilang cukup bagus. Jadi kami dari awal sudah harus siap. Biasanya kan kami masih suka coba lapangan, coba shuttlecock, coba angin. Tapi nanti dari awal kami sudah harus langsung siap,” jelas Liliyana.

Menang bye di babak pertama juga diperoleh unggulan satu Zhang Nan/Zhao Yunlei, Tiongkok. Di babak dua mereka menunggu lawan antara Kenta Kazonu/Ayane Kurihara, Jepang, dengan Kian Meng Tan/Pei Jing Lai, Malaysia.

Menemani Tontowi/Liliyana, tiga ganda campuran Indonesia juga akan turun di turnamen yang berlangsung di Wuhan Sports Center Gymnasium tersebut. Mereka adalah pasangan juara All England 2016 Praveen Jordan/Debby Susanto, Edi Subaktiar/Gloria Emanuelle Widjaja dan Ronald Alexander/Melati Daeva Oktavianti.