BATC 2022 - Indonesia Turunkan Pemain-pemain Muda

Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi (Humas PP PBSI)
Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Tim bulu tangkis Indonesia memastikan diri ikut ambil bagian di Kejuaraan Asia Beregu 2022 yang berlangsung pada 15-20 Februari di Malaysia. Dalam ajang yang biasa juga disebut kualifikasi Piala Thomas dan Uber ini, Indonesia menurunkan para pemain muda. Chico Aura Dwi Wardoyo, 23 tahun, menjadi pemain tertua di skuat putra, sementara Gregoria Mariska Tunjung (22) menjadi srikandi paling senior yang mengisi tim putri.

"Di ajang ini kami memang memberikan kesempatan kepada pemain muda untuk merasakan atmosfer kejuaraan beregu," ujar Kepala Bidang dan Prestasi PP PBSI, Rionny Mainaky, dalam siaran pers humas PP PBSI, Sabtu (29/1).

"Ini merupakan kebijakan PBSI yang ingin mengorbitkan pemain-pemain muda. Salah satunya dengan menguji mereka di turnamen ini, selain sebagai ajang penilaian dan evaluasi untuk persiapan menuju putaran final Piala Thomas dan Uber nanti," Rionny, menambahkan.

Skuat "Garuda Muda" ini telah melakukan persiapan selama dua minggu. Oleh karenanya, Rionny optimistis para pemain mampu berbicara banyak di ajang dua tahunan tersebut. "Untuk Kejuaraan Beregu Asia ini kami menurunkan pemain-pemain muda yang persiapannya sudah kami lakukan sebelum SK pemanggilan. Jadi skuat ini, baik putra maupun putri adalah skuat yang terpilih dan terbaik," tuturnya.

"Pemain yang dipilih adalah pemain-pemain yang kami nilai siap dan sedang dalam performa yang bagus. Terutama di tim putra, kemampuan mereka saya yakini sudah mendekati kakak-kakaknya. Mereka hanya kalah pengalaman dan jam terbang saja. Ini menjadi kesempatan mereka untuk lebih berkembang lagi," jelasnya.

Sekadar catatan, tim putra Indonesia datang ke Malaysia dengan status juara bertahan tiga kali, usai menjuarai edisi tahun 2016 (Hyderbad, India), 2018 (Alor Setar, Malaysia), dan 2020 (Manila, Filipina). Tim putra juga telah mengantongi tiket putaran final Piala Thomas dan Uber, karena statusnya yang juga juara bertahan.

Lain hal dengan tim putri yang harus bekerja keras untuk dapat lolos ke putaran final. Menanggapi hal ini, Rionny yakin anak asuhnya mampu menembus babak final. "Saya berharap mereka nanti bisa tampil lepas, tanpa beban, dan memberikan yang terbaik untuk Indonesia," katanya.

"Target kami, tim ini bisa masuk final, baik di tim putra maupun tim putri," demikian Rionny.

Berikut skuat Indonesia di Kejuaraan Beregu Asia 2022:

Tim Putra
1. Chico Aura Dwi Wardoyo
2. Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay
3. Christian Adinata
4. Yonathan Ramlie
5. Leo Rolly Carnando
6. Daniel Marthin
7. Pramudya Kusumawardana
8. Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan
9. Bagas Maulana
10. Muhammad Shohibul Fikri

Tim Putri
1. Gregoria Mariska Tunjung
2. Putri Kusuma Wardani
3. Saifi Rizka Nurhidayah
4. Bilqis Prasista
5. Stephanie Widjaja
6. Nita Violina Marwah
7. Febriana Dwipuji Kusuma
8. Amalia Cahaya Pratiwi
9. Lanny Tria Mayasari
10. Jesita Putri Miantoro