BATC 2022 - Jepang Kirim Skuad Pelapis, Malaysia Target Semifinal

Thinaah Muralitharan & Pearly Tan (Humas PP PBSI)
Thinaah Muralitharan & Pearly Tan (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Asosiasi Bulu Tangkis Jepang memutuskan mengirim skuad yang sepenuhnya berisi pemain dari tim B pelatnas mereka, untuk berlaga di Kejuaraan Asia Beregu 2022 di Malaysia pada 15-20 Februari. Di antara para pemain asal Negeri Sakura tersebut, masih berstatus sebagai pelajar sekolah menengah atas. Sementara, dengan skuad berisikan kombinasi pemain senior dan pelapis, Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia hanya mematok target menembus babak semifinal.

Dalam laporan media daring Tempo, Malaysia --selaku tuan rumah ajang kualifikasi untuk ajang Piala Thomas dan Uber ini--, mengumumkan nama-nama yang mengisi skuad jelang persiapan terakhir pada Sabtu (29/1).

"Lee Zii Jia, Ng Tze Yong, dan Aaron Chia/Soh Wooi Yik di tim putra, serta Kisona Selvduray dan Pearly Tan/M Thinaah di tim putri menjadi ujung tombak," tulis situs berita tersebut.

Malaysia juga menyertakan beberapa nama atlet pelapis, seperti Kok Jing Hong dan Man Wei Chong/Tee Kai Wun.

Sementara, Jepang merilis daftar pemain yang akan dikirimkan ke kejuaraan yang digelar di Selangor, Malaysia ini, pada Selasa (1/2). Sejumlah pemain muda tersebut, seperti Koshiro Moriguchi pada nomor tunggal putra Koshiro Moriguchi dan Hika Akechi/Masai Taguchi (ganda putri).

Skuad Jepang tersebut akan terbang ke Malaysia pada 6 Februari 2022 untuk kemudian melakukan persiapan jelang kejuaraan yang dilangsungkan pada pertengahan bulan.

Skor.id menyebutkan, ketidakikutsertaan pemain tim A Jepang seperti Kento Momota dan Takuro Hoki/Yugo Kobayashi, kemungkinan karena bertabrakan dengan jadwal liga nasional. Liga Jepang digelar pada 5-6 Februari di Kumamoto dan Yatsushiro serta 11-12 Februari di Shibuya, Tokyo.

"Kejuaraan tersebut akan diikuti oleh para pemain dari tim A maupun tim B yang tidak terbang ke Malaysia untuk tampil di BATC 2022," tulis situs berita olahraga tersebut.

Sementara, tim B Jepang yang bertanding di Kejuaraan Asia Beregu 2022 akan langsung terbang ke Slovakia untuk mengikuti Slovak Open 2022 pada 2-5 Maret, usai merampungkan tugas di Malaysia.