Belum 100 Persen Bugar, Goh Jin Wei Tetap Masuk Proyeksi Tim Uber Malaysia

Goh Jin Wei (Malaysia) tetap diproyeksikan untuk Piala Uber 2020.
Goh Jin Wei (Malaysia) tetap diproyeksikan untuk Piala Uber 2020.
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Meski harus batal tampil pada kejuaraan internal Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) Invitational Championship karena masalah kebugaran, pebulutangkis tunggal putri Negeri Jiran, Goh Jin Wei tetap masuk dalam proyeksi tim beregu putri Malaysia untuk putaran final Piala Thomas dan Uber 2020 yang dijadwalkan berlangsung pada 3 hingga 11 Oktober mendatang, di Aarhus, Denmark.

Goh memang belum bisa menjalani latihan penuh karena masih dalam fase pemulihan. Dia sempat absen lama akibat cedera pada 2019 lalu yang kemudian mengharuskannya naik meja operasi. Goh dikabarkan sempat menjalani pemeriksaan kolonoskopi pada tahun lalu. Kolonoskopi sendiri merupakan pemeriksaan yang dilakukan untuk melihat adanya gangguan atau kelainan pada usus besar dan rektum.

Pasca operasi, Juara Dunia Junior 2015 dan 2018 itu baru bisa kembali berlatih dan bertanding pada awal 2020. Sepanjang tahun ini, Goh bahkan baru mengikuti dua turnamen. Yakni, Thailand Master 2020 BWF World Tour Super 300 dan Badminton Asia Team Championships 2020 di Manila, Filipina. Saat ini Goh berada di peringkat ke-138 dunia setelah sempat menembus posisi 25 besar.

“Sebenarnya Goh Jin Wei tidak dalam kondisi terlalu buruk, tetapi dia tidak akan bermain pada kompetisi karena masih berada pada fase pemulihan dan intensitas latihan belum seratus persen,” kata Direktur BAM, Wong Choon Han dikutip BolaSport.com dari New Straits Times.

“Saat ini, kemampuan dia di lapangan baru 50 sampai 60 persen dan belum sepenuhnya pulih di bagian kaki, jadi kami masih pantau dan mengambil tindakan pencegahan. Meski dia absen dari kompetisi internal, dia masih dalam rencana kami untuk Piala Uber,” tambahnya menjelaskan.

Dengan sisa waktu yang ada, Wong berharap bila cedera yang dialami Goh bisa segera pulih sepenuhnya sehingga dia bisa menampilkan performa terbaiknya pada ajang Piala Uber 2020 nanti. “Ini sebenarnya kemunduran kecil baginya karena dia pernah melewati kekecewaan yang lebih besar. Bagaimanapun, dia pemain yang mendapatkan kesempatan besar dan cukup pengalaman untuk melewati masa seperti ini,” tuturnya.

Pada putaran final Piala Thomas dan Uber 2020 nanti, tim putri Malaysia akan tergabung di Grup B bersama Korea, Indonesia dan Australia.