(BWF World Tour Finals) Greysia/Apriyani Diharapkan Perbaiki Kebugaran Fisik dan Servis

Greysia Polii/Apriyani Rahayu (Indonesia) bersiap menghadang serangan.
Greysia Polii/Apriyani Rahayu (Indonesia) bersiap menghadang serangan.
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Guangzhou | Hasil kurang memuaskan harus dialami ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu saat ambil bagian di kejuaraan BWF World Tour Finals 2019 Guangzhou yang berlangsung di Tianhe Gymnasium sedari 11 hingga 15 Desember, kemarin. Belum bisa berbicara banyak soal hasil, Greysia/Apriyani diharapkan mampu memperbaiki kebugaran fisik demi meningkatkan performa di tahun depan.

Tergabung di dalam Grup A, ganda putri peringkat delapan dunia ini harus rela menjadi juru kunci usai menelan tiga kekalahan di fase penyisihan grup. Pada penampilan perdananya, Greysia/Apriyani kalah 21-19, 5-21 dan 9-21 dari pasangan Jepang, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota. Setelah itu, mereka kembali menerima kekalahan dari Chen Qing Chen/Jia Yi Fan (Tiongkok) dengan skor 21-17, 10-21 dan 16-21.

Pada laga pamungkas fase penyisihan grup, Greysia/Apiyani lagi-lagi harus menelan pil pahit setelah dikalahkan wakil tuan rumah, Due Yue/Li Yin Hui dengan skor 21-12, 17-21 dan 11-21.

“Pola permainan yang coba diterapkan sebetulnya sudah benar, tetapi karena kondisi kebugarannya yang kurang bagus, jadi hasilnya yang kurang memuaskan. Saya kira hal itu dapat dilihat dari setiap pertandingannya, mereka selalu menang di game pertama, dan kalah di game berikutnya,” jelas Kepala Pelatih Ganda Putri PBSI, Eng Hian.

“Kebugaran fisik inilah yang perlu segera diperbaiki. Masih ada waktu untuk memperbaiki ini sebelum kejuaraan berikutnya,” sambungnya menambahkan.

Selain itu, Eng Hian juga mengomentari kualitas servis yang dimiliki Greysia. Menurutnya, servis yang dilakukan Greysia bisa menimbulkan kerugian untuk mereka sendiri dan sangat menguntungkan buat lawan.

“Saya rasa Greysia harus bisa memperbaiki kualitas servis-nya. Karena dalam situasi servis seperti itu, tentunya bisa semakin menguntungkan pihak lawan. Saya perhatikan dari kualitas servis Greysia ini, lawan seperti mendapat poin gratis minimal lima poin di setiap game-nya,” ungkapnya.

“Intinya kita semua, di sektor ganda putri harus latihan lebih keras lagi,” pungkasnya.