(BWF World Tour Finals) Kevin/Marcus Lengser, Leani Masih yang Terbaik

Marcus, Hendra, Ahsan, Kevin, Leani, Hafiz dan Gloria berfoto bersama sebelum Gala Dinner.
Marcus, Hendra, Ahsan, Kevin, Leani, Hafiz dan Gloria berfoto bersama sebelum Gala Dinner.
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Guangzhou | Ganda putra peringkat satu dunia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon harus lengser dari predikat pemain terbaik yang sudah dipegangnya sejak 2017 dan 2018 lalu. Pada malam penghargaan BWF Player of the Year 2019 yang berlangsung di LN Garden Hotel Grand Ball Room, Guangzhou, Senin (9/12), The Minions harus kehilangan mahkotanya setelah ‘direbut’ pebulutangkis tunggal putra Jepang, Kento Momota.

Momota keluar sebagai penerima penghargaan BWF Male Player of the Year 2019 dengan menyisihkan para pesaingnya Kevin/Marcus, Zheng Siwei (Tiongkok) dan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan (Indonesia) dalam daftar nominasi.

Hasil ini didapat Momota berkat catatan gemilangnya dengan raihan delapan gelar juara di ajang World Tour 2019, satu gelar dari Badminton Asia Championships 2019 dan kemenangan di World Championships 2019.

Meski demikian, Indonesia tetap berhasil mendapatkan satu penghargaan melalui kategori Female Para Badminton Player of the Year 2019. Leani Ratri Oktila kembali sukses menerima penghargaan ini untuk kedua kalinya secara beruntun dengan pencapaian total 12 medali emas, dua perak dan satu perunggu.

“Puji tuhan pastinya bangga dan bersyukur. Ini penghargaan kedua saya selama dua tahun berturut-turut. Rasanya senang sekali. Tentunya sangat puas dengan hasil latihan selama tahun ini,” kata Leani Ratri Oktila.

“Semoga saya bisa mempertahankan prestasi ini. Mudah-mudahan tahun depan prestasi saya bisa lebih banyak lagi dari tahun ini,” lanjutnya menambahkan.

 

Berikut Daftar Peraih Penghargaan BWF Player of the Year 2019:

  • Male Player of the Year 2019: Kento Momota (Jepang)
  • Female Player of the Year 2019: Huang Ya Qiong (Tiongkok)
  • Most Promising Player of the Year 2019: An Se Young (Korea)
  • Most Improved Player of the Year 2019: Kim So Yeong/Kong Hee Yong (Korea)
  • Male Para Badminton Player of the Year 2019: Liu Yu Tong (Tiongkok)
  • Female Para Badminton Player of the Year 2019: Leani Ratri Oktila (Indonesia)