(BWF World Tour Finals) The Daddies Melesat ke Final

Selebrasi Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan (Indonesia).
Selebrasi Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan (Indonesia).
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Guangzhou | Satu tempat di babak final BWF World Tour Finals 2019 Guangzhou berhasil diambil ganda putra Indonesia, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan. Menghadapi pasangan Taiwan, Lee Yang/Wang Chi Lin di Tianhe Gymnasium, Tiongkok, Sabtu (14/12), The Daddies mampu memetik kemenangan dua game langsung dengan skor 21-14 dan 21-9.

Hendra/Ahsan mampu menguasai jalannya permainan sejak awal hingga akhir pertandingan. Penampilan antiklimaks yang diperlihatkan Lee/Yang, khususnya pada game kedua lantas mampu mengantarkan The Daddies menuju kemenangan.

“Permainan kita hari ini cukup keluar. Lawan tadi banyak melakukan kesalahan sendiri yang tentunya menguntungkan buat kita,” kata Hendra Setiawan kepada badmintonindonesia.org.

Hasil manis ini sekaligus menjadi penebus kekalahan yang dialami Hendra/Ahsan dari Lee/Yang pada pertarungan terakhir di fase penyisihan Grup B, Jumat (13/12). Saat itu, ganda putra peringkat dua dunia ini mesti merasakan kekalahan dengan skor 18-21 dan 18-21.

“Di pertandingan ini kita sudah mulai bisa menjalankan strategi yang ingin coba dimainkan. Dan lawan juga banyak mati sendiri. Kita bisa bermain lebih baik dari pada pertemuan kemarin,” ungkap Mohammad Ahsan selepas pertandingan.

Di babak final BWF World Tour Finals 2019 Guangzhou, Hendra/Ahsan sudah dinanti pasangan Jepang, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe yang lebih dulu lolos berkat kemenangan 21-11, 15-21 dan 21-10 atas Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon.

“Kita harus siap lagi untuk pertandingan besok. Karena pertandingan selanjutnya nggak akan mudah. Apalagi kita tahu Endo/Watanabe nggak gampang mati, jadi pastinya harus lebih siap lagi dari hari ini,” tutur Hendra.

Besok akan menjadi duel ketujuh bagi Hendra/Ahsan dan Endo/Watanabe. Dari enam pertemuan sebelumnya, The Daddies punya bekal manis dengan catatan lima kemenangan. Terakhir kali bertemu di ajang Denmark Open 2019 BWF World Tour Super 750, Oktober lalu, Hendra/Ahsan menang dengan skor 21-15 dan 21-14.

“Besok harus siap capek saja. Kalau soal strategi mau main seperti apa di pertandingan besok, kita masih belum bisa menentukannya. Setelah ini kita mau evaluasi dulu dan berdiskusi dengan pelatih, strategi apa yang cocok untuk pertandingan besok,” tutup Ahsan.

Dengan hasil ini, maka Indonesia berhasil mengirimkan dua wakilnya ke babak final BWF World Tour Finals 2019 Guangzhou. Selain Hendra/Ahsan, ada Anthony Sinisuka Ginting yang sudah lebih dulu memastikan kemenangannya siang tadi.