(Caffino Indonesia International Challenge) Rian/Tiara Melesat ke Partai Puncak

Rian Agung Saputro/Tiara Rosalia Nuraidah (Indonesia) bersiap menghadang pengembalian.
Rian Agung Saputro/Tiara Rosalia Nuraidah (Indonesia) bersiap menghadang pengembalian.
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Magelang | Penampilan apik mampu diperlihatkan pasangan Rian Agung Saputro/Tiara Rosalia Nuraidah yang berhasil melesat ke babak final Caffino Indonesia International Challenge 2019 lewat kemenangan 21-14 dan 21-9 atas ganda campuran Mohammad Rezky Alfarez/Nahla Aufa Dhia Ulhaq pada pertandingan yang berlangsung di GOR Bulutangkis Djarum, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (26/10).

Keberhasilan ini sekaligus mengantarkan Rian/Tiara untuk pertama kalinya ke partai puncak sejak berduet akhir September lalu. Keduanya pertama kali berpasangan di ajang Djarum Sirkuit Nasional Li-ning Sulawesi Utara Open 2019.

Setelah itu mereka kembali mencari peruntungan dengan mengikuti kejuaraan Yuzu Indonesia Masters 2019 BWF Tour Super 100 awal Oktober, kemarin. Namun saat itu keduanya hanya mampu mencapai babak 16 besar setelah kalah 21-19, 13-21 dan 13-21 atas ganda campuran Malaysia, Hoo Pang Ron/Cheah Yee See.

“Sebetulnya hasil hari ini nggak di luar dugaan juga sih. Karena memang kita fight juga di lapangan, dan mungkin bisa dibilang sudah seharusnya lolos ke final, karena kita terus berusaha memberikan yang terbaik di sepanjang pertandingan di turnamen ini. Karena kalau sudah di lapangan kan apa saja bisa terjadi selama kita mau fight,” jelas Rian Agung Saputro kepada Djarumbadminton.com.

“Sejauh ini komunikasi sudah lebih baik dari sebelumnya. Rotasinya juga sudah sama-sama tahun mesti gimana. Intinya kita sudah lebih klop lah,” lanjut Tiara Rosalia Nuraidah.

Sementara itu, mampu mengendalikan tempo permainan di sepanjang laga yang berlangsung selama 21 menit ini, menjadi kunci keberhasilan Rian/Tiara saat merebut tiket ke babak final Caffino Indonesia International Challenge 2019.

“Hari ini lawan banyak melakukan kesalahan sendiri, mereka seperti kurang maksimal mainnya. Selain itu, kita juga bisa mengatur tempo permainan di lapangan, jadi semuanya baik-baik saja. Kalau lawan pemain mudah itu kita harus lebih pintar mainnya, lebih fokus jaga temponya juga. Intinya harus maksimal lagi di pertandingan besok,” kata Rian.

Di babak final Caffino Indonesia International Challenge 2019, Rian/Tiara akan berhadapan dengan Zacharia Joshiano Sumanti/Hediana Julimarbela yang berhasil menumbangkan rekan sepelatnasnya, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati dengan skor 21-19 dan 21-16.

“Kalau kita mengikuti pola main lawan yang cepat, mungkin kita bakal keteteran juga. Jadu kita harus bisa mengatur ritme permainan. Selain itu, saya pribadi cocok banget sama shuttlecock yang dipakai di turnamen ini. Dan untuk besok, saya mau enjoy saja,” tutup Tiara.