Chan: Jika Tidak Ada Perubahan, Maka Itu Adil

Chan Peng Soon/Goh Liu Ying (Malaysia).
Chan Peng Soon/Goh Liu Ying (Malaysia).
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Pebulutangkis ganda campuran asal Negeri Jiran, Malaysia, Chan Peng Soon berharap datangnya kabar baik yang akan segera diumumkan Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) terkait sistem kualifikasi perhitungan poin menuju Olimpiade Tokyo 2020 yang sempat tertunda akibat wabah COVID-19.

Sempat beredar kabar bila BWF berniat untuk menutup pengumpulan poin menuju Olimpiade Tokyo 2020 setelah kejuaraan All England 2020 BWF World Tour Super 1000, pertengahan Maret lalu. Namun ada juga yang mengatakan jika BWF kemungkinan besar tidak akan mengubah sistem kualifikasi perhitungan poin, yang artinya kualifikasi Race to Tokyo akan tetap dilanjutkan dengan beberapa turnamen tersisa yang sempat ditunda.

Sisa turnamen yang masuk ke dalam periode perhitungan poin kualifikasi Race to Tokyo antara lain German Open 2020 BWF World Tour Super 300, Swiss Open 2020 BWF World Tour Super 300, India Open 2020 BWF World Tour Super 500, Malaysia Open 2020 BWF World Tour Super 750, Singapore Open 2020 BWF World Tour Super 500 dan Badminton Asia Championships 2020.

“Jika tidak ada perubahan, maka itu adil. Faktanya, saya pikir tidak ada solusi yang lebih baik untuk semua,” kata Chan Peng Soon dilansir The Star.

“Kami telah berjuang sangat keras dalam sepuluh bulan terakhir. Jadi tidak benar untuk membatalkan proses yang ada dan menggantinya dengan yang baru,” lanjutnya menambahkan.

Chan yang berpasangan dengan Goh Liu Ying saat ini masih berada dijalur aman untuk lolos ke Olimpiade Tokyo 2020 yang akan berlangsung musim panas tahun depan. Lewat kesempatan ini, Chan/Goh tentunya masih berambisi untuk mendapatkan hasil lebih baik dari medali perak yang mereka raih pada ajang Olimpiade Rio de Janeiro 2016 lalu.