Denmark Open 2021 - Fajar/Rian Hadapi Ganda Malaysia di Perempat Final

Fajar Alfian & Muhammad Rian Ardianto (Badminton Photo/Mikael Ropars)Fajar Alfian & Muhammad Rian Ardianto (Badminton Photo/Mikael Ropars)
Fajar Alfian & Muhammad Rian Ardianto (Badminton Photo/Mikael Ropars)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto mengamankan tiket perempat final Denmark Open 2021 melalui kemenangan rubber game atas pasangan India M.R. Arjun/Dhruv Kapila, Kamis (21/10) malam WIB. Di babak delapan besar, Fajar/Rian bakal berhadapan dengan ganda putra Malaysia Goh Sze Fei/Nur Izzuddin, yang juga menumbangkan pasangan India melalui drama tiga gim.

Pada laga yang digelar di Odense Sports Park, Odense, tersebut, ganda putra unggulan keempat ini terpaksa melalui tiga gim dengan skor 21-15, 17-21, 21-12 selama 46 menit karena kesulitan beradaptasi dengan situasi lapangan yang berbeda dari Piala Sudirman dan Piala Thomas.

"Kalau di Sudirman dan Thomas bolanya cenderung berat, tapi di sini sangat cepat dan melintir. Jadi memang harus cepat penyesuaiannya," kata Fajar melalui siaran pers PP PBSI.

Menurut Fajar, mereka berusaha bermain sabar di gim pertama dan lebih berfokus untuk mengendalikan permainan lawannya. Alhasil mereka bisa lepas dari bayang-bayang Arjun/Kapila pascainterval kedua dan terus menambah poin hingga usai.

Namun pada gim kedua, Fajar/Rian kalah start sehingga bisa dikendalikan lawannya dan menyamakan kedudukan menjadi 1-1. "Di gim kedua kami kalah start, jadi mereka bisa berkembang," ungkap Fajar, mengutip laporan Antara.

Pada gim penentu, Fajar/Rian tak mau lagi ketinggalan sehingga langsung memberikan tekanan demi bisa mengendalikan permainan lawannya.

Usaha Fajar/Rian dengan bermain lebih cepat pun membuahkan hasil, dan menutup pertandingan dengan tiket ke babak delapan besar turnamen BWF Super 1000 ini. "Alhamdulillah, bisa memenangkan pertandingan. Di gim ketiga kami ambil lagi irama permainan untuk langsung menekan," Fajar, menuturkan.

Sementara, menurut Rian, kemenangan mereka kali ini hingga bisa ke perempat final tak lepas dari kesuksesan mereka menjadi bagian tim Piala Thomas 2020 pada pekan lalu.

Kemenangan Piala Thomas 2020, lanjutnya, menjadi pelecut semangat untuk mempertahankan momentum kesuksesan di turnamen-turnamen lain. "Senang dan bangga jadi bagian tim Thomas Indonesia dan mencetak sejarah sebagai juara. Kami ingin mempertahankan momentum itu di ajang ini dan juga ke depannya," ujarnya.

Setelah lolos dari pertemuan perdana dengan M.R. Arjun/Dhruv Kapila, Fajar/Rian akan bertemu Goh /Nur. Pasangan negara tetangga itu membutuhkan waktu sekitar 55 menit untuk mengalahkan ganda putra India Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty melalui rubber game 14-21 21-15 21-15.