(Denmark Open) Kemenangan Kedua

Gregoria Mariska Tunjung menyambut pengembalian.
Gregoria Mariska Tunjung menyambut pengembalian.
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Odense | Gregoria Mariska Tunjung berhasil memperpanjang catatan kemenangan kala bersua wakil Tiongkok Chen Xiaoxin. Pebulutangkis tunggal putri Indonesia ini menang dua game langsung 21-9 dan 24-22 atas Chen pada babak pertama Denmark Open 2018 BWF World Tour Super 750 yang berlangsung di Odense Sports Park, Selasa (16/10).

Pada pertemuan kedua pemain sebelumnya, di China Open 2018 BWF World Tour Super 1000, Gregoria menang 12-21, 21-19 dan 23-21. Kali ini, tunggal putri besutan klub Mutiara Cardinal Bandung itu kembali mengandaskan perlawanan Chen.

"Bedanya dengan pertemuan pertama kami di China, sekarang saya lebih siap dan tidak mau lagi kalah start. Chen adalah pemain yang bisa mengatur irama permainan, bola-bola atasnya pun bagus dan mengagetkan. Tapi kali ini saya kembali memenangkan pertandingan," tutur Gregoria.

Lebih lanjut Gregoria menjelaskan soal kunci kemenangannya hari ini. Ia mengaku banyak belajar dari pertemuan sebelumnya saat menghadapi Chen di China Open, September lalu. Gregoria tidak mau kalah start. Ia terus berupaya memegang kendali permainan dan memanfaatkan situasi lawan yang belum beradaptasi dengan kondisi lapangan.

"Chen memang adaptasinya agak lambat di game pertama, jadi saya lebih enak mengaturnya. Saya merasa lebih lepas untuk coba-coba pukulan. Chen di bawah tekanan, banyak melakukan kesalahan sendiri dan tidak percaya diri," katanya selepas pertandingan.

Namun Gregoria nyaris kehilangan kemenangan di game kedua. Chen yang sudah tertinggal cukup jauh berusaha bangkit dari tekanan. "Di game kedua dia lebih tau main bagaimana, tapi saya masih bisa mengatasi. Dia mengubah permainan. Waktu adu setting itu, sebetulnya kami sama-sama tahan saja, tidak ada yang mau langsung mematikan, tapi dia kurang sabar," jelasnya.

Dengan kemenangan ini, Gregoria berhak melaju ke babak dua Denmark Open 2018 BWF World Tour Super 750. Pada pertandingan selanjutnya, peraih gelar juara dunia junior 2017 punya peluang besar bertemu dengan peraih medali emas olimpiade Rio de Janeiro 2016, Carolina Marin dari Spanyol yang baru akan bertanding malam nanti melawan wakil tuan rumah, Mia Blichfeldt.

Kecepatan Marin menjadi hal utama yang paling diwaspadai Gregoria bila mana keduanya saling bertemu di babak kedua. "Saya mesti bisa mengatasi kecepatannya, bukan berarti saya harus main cepat juga, tapi bisa mengimbangi. Kalau pola main kan beda-beda," tandasnya.