Deretan Peraih Gelar BWF Superseries Terbanyak

Internasional - 27.12.2017 12:55 Oleh: RR
Lee Yong Dae (Korea) Menjadi Pemegang Gelar Juara Terbanyak dari Nomor Ganda Putra.

Lee Yong Dae (Korea) Menjadi Pemegang Gelar Juara Terbanyak dari Nomor Ganda Putra.

Sejak tahun 2007 BWF sudah mulai mempertandingkan pertandingan-pertandingan kejuaraan bulutangkis yang diberi label superseries. Sejak itulah muncul berbagai nama pebulutangkis peraih gelar juara dari seluruh rangkaian tur superseries setiap tahunnya. Lalu, siapa saja pemegang gelar terbanyak superseries dari setiap nomor?

Wang Yihan.

Dari nomor tunggal putri, pebulutangkis cantik asal Tiongkok, Wang Yihan, masih berstatus sebagai peraih gelar juara terbanyak. Wang mampu meraih gelar superseries pertamanya di tahun 2009 yang juga merupakan tahun kejayaannya. Bagaimana tidak, di tahun tersebut, ia mampu meraih 5 gelar superseries yakni All England, Japan Open, French Open, Hongkong Open, dan Swiss Open (Sebelum turun kasta menjadi turnamen GPG). Total, Wang mampu mengoleksi 20 gelar superseries.

Lee Chong Wei.

Di nomor ganda putra, Dato' Lee Chong Wei nampaknya masih belum punya pesaing sebagai tunggal putra terbanyak meraih gelar juara superseries. Chong Wei memiliki rekor 46 gelar juara superseries. Raihan tersebut sekaligus membuatnya menjadi peraih gelar juara superseries terbanyak sepanjang masa.

Lee Yong Dae/Yoo Yeon Seong.

Beralih ke nomor ganda putra. Saat ini pebulutangkis peraih gelar juara superseries terbanyak adalah Lee Yong-dae (Korea) yang mengoleksi 37 gelar juara. Pebulutangkis berparas tampan tesebut mampu meraih ke-37 gelar bersama tiga pasangan berbeda, yakni Chung Jae Sung, Ko Sung Hyun dan Yoo Yeon Seong. Lee bahkan menduduki peringkat nomor 1 dunia selama kurang lebih 104 minggu berturut-turut bersama pasangan terakhirnya, Yoo Yeon Seong.

Yu Yang.

Sedangkan di nomor ganda putri, gelar juara supersseries terbanyak masih dipegang oleh wakil Tiongkok, Yu Yang. Pebulutangkis yang juga memegang gelar sarjana di Universitas Sains dan Teknologi Tiongkok tersebut mampu meraih total 36 titel superseries. Yu meraih 36 gelar tersebut bersama lima pasangan berbeda yaitu Du Jing (9 gelar), Tang Yuanting (3 gelar), Tian Qing (1 gelar), dan Wang Xiaoli (23 gelar)

Zhao Yunlei/Zhang Nan.

Dan di nomor ganda campuran, peraih gelar terbanyak lagi-lagi berasal dari Tiongkok. Kali ini giliran Zhao Yunlei dan Zhang Nan, yang masing-masing sudah merebut 27 gelar juara.

Sementara itu, pebulutangkis Indonesia yang paling banyak meraih gelar juara supersseries masih dipegang oleh Liliyana Natsir dari nomor ganda campuran dan ganda putri. Selama kariernya, pebulutangkis kelahiran Manado itu mampu meraih total 23 gelar juara superseries bersama Vita Marissa (2 gelar), Nova Widianto (5 gelar) dan Tontowi Ahmad (16 gelar).

Foto Terbaru

Video Terbaru

  • H6 : Highlight Djarum Sirkuit Nasional Jawa Tengah Open 2018
  • H6 : Interview Hera Desi Ana (Juara I Tunggal Dewasa Putri)
  • H6 : Aisha Galuh Maheswari (Djarum Kudus) VS Aisyah Sativa Fatetani (Djarum Kudus)