(French Open Superseries 2017) Greysia/Apriyani Jajaki Semifinal Superseries Perdana

Greysia Polii/Apriyani Rahayu Saat Berlaga di Babak Perempat Final French Open 2017. (Foto: PBSI)
Greysia Polii/Apriyani Rahayu Saat Berlaga di Babak Perempat Final French Open 2017. (Foto: PBSI)
World Superseries ‐ Created by AH

Duet ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu akhirnya mampu menjajaki babak semifinal turnamen Superseries pertama selama dipasangkan. Hal itu terjadi setelah Greysia/Apriyani sukses menundukkan lawannnya, di babak perempat final French Open Superseries 2017. Bagi Apriyani yang lebih muda, ini adalah laga semifinal superseries pertama dalam kariernya.

Tiket semifinal direbut Greysia/Apriyani dengan menumbangkan ganda putri Jepang, Shiho Tanaka/Koharu Yonemoto, dengan skor 19-21, 21-13, 21-19 dalam tempo permainan 76 menit.

Greysia/Apriyani sempat dibayangi kekalahan atas Tanaka/Yonemoto saat ditaklukkan pekan lalu di Denmark Open Superseries Premier 2017. Kala itu Greysia/Apriyani kalah di saat poin-poin kritis.

Waktu memimpin 20-18 itu memang sempat teringat kejadian di Denmark, lalu saya membuat kesalahan dan kedudukan menjadi 19-20. Saat itu saya berdoa dan berusaha untuk positif. Dari evaluasi kemarin kan memang Apri harus lebih tenang di saat-saat seperti ini. Dari segi permainan, kami terus memaksa untuk terus di pola kami, tidak mau lagi terbawa pola lawan seperti di pertemuan sebelumnya,” kata Apriyani.

Kami menang dari segi mental, kami tidak mau kekalahan sebelumnya terulang kembali. Secara keseluruhan kami senang dengan performa kami hari ini, terutama saya yang terus berjuang dengan servis saya. Kemarin-kemarin sudah bagus, tetapi kadang masih on-off. Tiap orang pasti punya kelebihan dan kelemahan masing-masing. Hari ini daya juang kami lebih baik dari lawan,” beber Greysia.

Ketika kedudukan genting 20-19 setelah Apriyani gagal menyeberangkan shuttlecock, Greysia tampak menenangkan pasangannya yang lebih muda tersebut.

Saya bilang ke Apri, menang atau kalah, pasti kita dapat pelajaran dari pertandingan ini. Yang penting kita jangan sampai kehilangan aura kalau kita ingin menang. Tenang tapi tetap aktif. Ini yang sepanjang pertandingan saya katakan ke Apri,” ungkap Greysia ketika ditanya soal percakapannya dengan Apri saat kedudukan genting tersebut.

Apri sudah banyak sekali kemajuannya, saya turut senang. Tetapi ini belum apa-apa, perjuangan masih panjang, masih banyak tugas menanti,” sebutnya.

Greysia/Apriyani menjadi wakil Indonesia kedua yang lolos ke babak semifinal. Di ganda campuran, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir sudah lebih dulu melaju. Sementara itu dua wakil lainnya, yakni dari sektor tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting harus terhenti di perempat final.