Ganda Putri Malaysia Sempat Menangis Jalani Latihan Berat Jelang Olimpiade

Chow Mei Kuan/Lee Meng Yean (Malaysia) berusaha menghadang serangan.
Chow Mei Kuan/Lee Meng Yean (Malaysia) berusaha menghadang serangan.
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Perjalanan berat harus dilewati ganda putri Malaysia, Chow Mei Kuan/Lee Meng Yean dalam mempersiapkan diri jelang Olimpiade Tokyo 2020. Sulit dan beratnya latihan yang harus mereka jalani, terkadang membuat pasangan nomor 11 dunia itu menangis saat menjalani program persiapan yang diberikan Kepala Pelatih, Chan Chong Ming.

Chan Chong Ming memberikan proram latihan berat kepada Chow/Lee dengan harapan keduanya bisa diperhitungkan pada Olimpiade Tokyo 2020 nanti, di tengah persaingan ganda putri dunia yang sangat ketat. Apalagi, ini akan menjadi debut buat Chow/Lee di panggung Olimpiade.

“Kami berada di tahap akhir pelatihan dan semakin sulit. Kadang-kadang, saya hanya bisa menangis setelah didorong keras dalam latihan (teknik) dan latihan di gym,” kata Lee Meng Yean dikutip Bolalob.com dari situs berita Malaysia, The Star.

“Kadang-kadang kami sangat lelah tetapi kami terus mendorong meskipun semua rasa sakit dan nyeri tubuh karena kami ingin melihat hasil yang baik di Olimpiade. Saya sedang melatih kebugaran saya sementara tujuan Mei Kuan adalah meningkatkan keterampilan dan fleksibilitas lapangannya. Saya sedang menjalani diet khusus dan baru-baru ini telah kehilangan dua kilo. Saya ingin kurus di Olimpiade,” tambahnya menjelaskan.

Seperti diketahui, nomor ganda putri sering kali menyuguhkan pertandingan dengan durasi panjang yang tentunya sangat menguras tenaga. Untuk itu, Chow/Lee terus berupaya memperbaiki dan meningkatkan fisik mereka agar bisa tampil maksimal di lapangan, terutama dalam membendung gempuran para pemain papan atas.

“Adalah normal bagi ganda putri untuk terlibat dalam reli panjang. Kualitas pertandingan di Olimpiade akan lebih tinggi, pertandingan bahkan bisa berlangsung selama satu setengah jam. Mei Kuan dan saya harus siap,” tuturnya.

Sektor ganda putri Malaysia tercatat belum pernah meraih medali di ajang Olimpiade. Hasil terbaik yang pernah diukir Negeri Jiran terjadi pada Olimpiade Rio de Janeiro 2016 lalu. Saat itu, pasangan Woon Khe Wei/Vivian Hoo berhasil melaju hingga babak perempat final. Untuk itu, di Olimpiade Tokyo 2020 nanti, Chow/Lee bertekad mendapatkan medali dan mempersembahkannya untuk Malaysia.

“Malaysia tidak pernah memenangkan medali di Olimpiade di ganda putri dan kami berharap untuk mengubahnya. Saya tidak percaya bahwa standar kami terlalu jauh dari 10 pemain top dunia. Kami bisa menantang masing-masing dari mereka. Mei Kuan dan saya hanya berharap yang terbaik akan diterjemahkan menjadi sesuatu yang istimewa untuk Malaysia,” tandasnya.

Chow/Lee mungkin mendapat suntikan kepercayaan diri setelah mereka berhasil mencapai babak semifinal di ajang Toyota Thailand Open 2020 BWF World Tour Super 1000 dan BWF World Tour Finals 2020 di Bangkok, Thailand. Serta di kejuaraan Swiss Open 2021 BWF World Tour Super 300, Maret lalu.