Hafiz/Gloria Angkat Koper Lebih Cepat

Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja (Indonesia) mengembalikan shuttlecock. (Foto: PP PBSI)
Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja (Indonesia) mengembalikan shuttlecock. (Foto: PP PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Unggulan kedua Swiss Open 2021 BWF World Tour Super 300, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja harus angkat koper lebih cepat dari kejuaraan tersebut setelah dipaksa menyerah dua game langsung dari ganda campuran India, Satwiksairaj Rankireddy/Ashwini Ponnappa. Bertanding di St. Jakobshalle, Basel, Selasa (2/3), Hafiz/Gloria kalah dengan skor 18-21 dan 10-21 dalam tempo 38 menit.

Duel ketat sebetulnya sempat tersaji di game pertama. Kedua pasangan saling jual beli serangan dan kejar-mengejar angka. Bahkan saat interval, ganda campuran nomor delapan dunia itu hanya tertinggal satu poin. Setelah jeda intervak, Hafiz/Gloria mampu mengejar ketertinggalan dan menyamakan kedudukan menjadi 16-16. Tapi sayangnya, mereka belum berhasil mempertahankan konsistensi dan terpaksa kehilangan game pertama.

Ini menjadi kekalahan kedua Hafiz/Gloria dari Rankireddy/Ponnappa. Sebelumnya, mereka juga dipaksa menelan pil pahit saat bentrok di kejuaraan Yonex Thailand Open 2020 BWF World Tour Super 1000, Januari lalu. Saat itu, Hafiz/Gloria kalah dengan skor 11-21, 29-27 dan 16-21.

Kekalahan serupa juga harus dialami pasangan Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso. Adnan/Mychelle kalah di tangan wakil Malaysia unggulan kelima, Tan Kian Meng/Lai Pei Jing dengan skor 13-21 dan 12-21.

Sementara itu, pasangan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari menjadi satu-satunya wakil ganda campuran Indonesia yang berhasil melaju ke babak 16 besar. Pada laga pembuka, juara Dunia Junior 2017 itu mampu memetik kemenangan straight game, 21-13 dan 21-15 atas pasangan Belanda, Ties van der Lecq/Debora Jille. Di babak kedua nanti, Rinov/Pitha akan berhadapan dengan Satwiksairaj/Ashwini.

Indonesia sendiri mengirim delapan wakil ke Swiss Open 2021 BWF World Tour Super 300. Selain tiga pasangan ganda campuran itu, ada Ruselli Hartawan di nomor tunggal putri dan Shesar Hiren Rhustavito di sektor tunggal putra.

Sedangkan dari nomor ganda putra, ada tiga pasangan yang akan berlaga di turnamen ini. Mereka adalah Daniel Marthin/Leo Rolly Carnando, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan dan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri.