Hafiz/Gloria Disandung Pasangan Malaysia

Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja (Indonesia) menyambut pengembalian. (Copyright: Badmintonphoto | Courtesy of BWF)
Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja (Indonesia) menyambut pengembalian. (Copyright: Badmintonphoto | Courtesy of BWF)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Tim bulutangkis Indonesia kembali harus kehilangan tempat di babak semifinal BWF World Tour Finals 2020 Bangkok menyusul kekalahan yang dialami pasangan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja. Ganda campuran nomor dua Indonesia itu harus merelakan tiket semifinal jatuh ke tangan pasangan Malaysia, Goh Soon Huat/Lai Shevon Jemie usai menelan kekalahan 21-17, 13-21 dan 13-21 pada pertandingan terakhir di fase penyisihan Grup B yang berlangsung di Impact Arena, Bangkok, Jumat (29/1).

Hafiz/Gloria sejatinya berhasil lebih dulu mengamankan kemenangan di game pertama. Tapi memasuki game kedua, penampilan mereka cenderung menurun, Hafiz/Gloria bahkan tertinggal 5-11. Setelah jeda interval, situasinya tidak berubah dan mereka harus kalah 13-21.

Pada game ketiga, Hafiz/Gloria berhasil mencuri start dengan keunggulan 4-2. Tapi kemudian dibalas Goh/Lai yang mampu bermain lebih menekan hingga akhirnya tersusul 8-11 di jeda interval. Setelah berganti sisi lapangan, pasangan Malaysia itu kembali tampil menekan dan membuat Hafiz/Gloria kesulitan untuk mengimbangi permainan mereka sampai akhirnya harus mengakui keunggulan lawan dan batal melangkah ke semifinal.

Hasil ini membuat Hafiz/Gloria berada di peringkat ketiga klasemen Grup B dengan catatan satu kemenangan dan dua kekalahan. Ganda campuran nomor delapan dunia itu bahkan tidak bisa menyembunyikan kekecewaannya. “Kami kalah tenaga dan kecepatan. Mereka masih oke speed-nya,” ujar Hafiz Faizal kepada Djarumbadminton.com.

“Setelah ini, kami harus latihan lebih keras lagi. Fisiknya harus ditingkatkan lagi dan kami juga harus menambah latihan variasi pukulannya lagi,” sambungnya menambahkan.

Hafiz/Gloria menjadi wakil Indonesia ketiga yang harus batal melangkah ke semifinal BWF World Tour Finals 2020 Bangkok setelah ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu dan tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting.