(Hong Kong Open) Lewati Rintangan Pertama

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menghadang pengembalian.
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menghadang pengembalian. (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Kowloon | Vladimir Ivanov/Ivan Sozonov menjadi korban pertama keganasan pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Fajar/Rian menang dua game langsung 25-23 dan 21-19 atas wakil Rusia itu di kejuaraan Hong Kong Open 2018 BWF World Tour Super 500 yang berlangsung di Hong Kong Coliseum, Kowloon, Rabu (14/11).

Kendati sukses memetik kemenangan di laga perdananya dengan straight game, peraih medali perak Asian Games 2018 ini mengaku tidak puas dengan penampilannya hari ini. Baik Fajar maupun Rian masih merasa banyak melakukan kesalahan sendiri yang cukup menguntungkan buat lawan. Beruntung, di saat-saat kritis, Fajar/Rian mampu menjaga fokus dan menyelesaikan pertandingan dengan kemenangan.

“Hari ini kita harus bermain dengan pola yang berbeda saat bertanding di kejuaraan Fuzhou China Open 2018 kemarin, karena di sini kondisi lapangannya berbeda, lebih banyak angin. Kita banyak main no lob dan mencoba terus unggul di permainan depan,” ujar Muhammad Rian Ardianto.

Sementara itu, Fajar Alfian mengatakan bila dirinya sudah mulai terbiasa meladeni pola permainan yang diterapkan pasangan Rusia itu. “Pertemuan kita dengan Ivanov/Sozonov memang sudah lama sekali, sekarang kita sudah lebih bisa menerapkan pola permainan yang benar dalam menghadapi mereka,” kata Fajar.

Dengan kemenangan ini, Fajar/Rian berhak lolos ke babak dua Hong Kong Open 2018 BWF World Tour Super 500. Selanjutnya, pasangan ganda putra Indonesia ini akan berhadapan dengan wakil Taiwan, Liao Min Chun/Su Ching Heng yang mengalahkan mereka di babak pertama Fuzhou China Open 2018 BWF World Tour Super 750, pekan lalu.

“Kita memang belum pernah menang dari mereka dari dua pertemuan terakhir. Kita akan pelajari dan evaluasi pertemuan minggu lalu, yang pasti kita harus lebih siap dari awal, mereka punya pukulan yang keras dan cepat, Itu yang harus kita antisipasi,” tandasnya.

Selain Fajar/Rian, sektor ganda campuran Indonesia yang diwakili Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja, juga berhasil memastikan diri lolos ke babak dua Hong Kong Open 2018 BWF World Tour Super 500 usai mengalahkan wakil tuan rumah, Chung Yonny/Wu Yi Ting dengan skor 21-18 dan 21-19.