Hylo Open 2021 - Fajar/Rian Diimbau Hemat Tenaga

Fajar Alfian & Muhammad Rian Ardianto (Badminton Photo/Mikael Ropars)
Fajar Alfian & Muhammad Rian Ardianto (Badminton Photo/Mikael Ropars)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Kemenangan yang diraih pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto setelah melalui laga melelahkan di babak 16 besar Hylo Open, Kamis (4/11), membuat pelatih ganda putra Pelatnas PBSI Herry Iman Pierngadi meminta atletnya itu untuk bermain lebih efisien di babak selanjutnya. Semestinya, Fajar/Rian sudah dalam tahap istirahat dan pemulihan mengingat mereka telah berlaga dalam empat turnamen tanpa jeda.

"Ya dengan kondisi sekarang, di mana mereka terus bertanding sejak Piala Sudirman di Finlandia bulan September, Fajar/Rian harus bermain lebih efisien," kata Herry IP dalam siaran pers PP PBSI di Jakarta, Kamis (4/11).

Fajar/Rian, lanjut Herry, harus menghemat energi untuk menghadapi pertandingan lain, salah satunya dengan memperbaiki strategi dengan melakukan penempatan bola-bola yang lebih terarah.

Selain itu, dalam kondisi fisik yang sudah menurun, atlet dituntut untuk bisa mengatur irama permainan agar tidak membuang-buang energi. "Mereka dituntut harus bermain lebih efisien. Yaitu lewat penempatan kok yang lebih terukur dan jitu. Penempatannnya harus terarah untuk menghasilkan angka," Herry, memaparkan.

Antara melaporkan, Fajar/Rian lolos ke babak perempat final dengan mengalahkan ganda putra asal Inggris, Callum Hemming/Steven Stallwood dengan dua gim langsung 21-16, 21-19.

Menurut mereka, Callum/Steven juga mengeluarkan permainan menantang yang membuat mereka kesulitan terutama di gim kedua.

Pada gim terakhir, Callum/Steven bermain lebih agresif dengan penempatan bola yang akurat. Sementara Fajar/Rian mengakui sempat kehilangan kendali permainan karena stamina yang sudah menurun dan lelah.

Meski punya poin evaluasi bagi Fajar/Rian, namun Herry melihat permainan mereka hari ini jauh lebih baik dari pertandingan babak pertama pada Rabu (3/11). "Saya lihat penampilan mereka hari ini lebih segar dibanding dengan kemarin," pungkasnya.