IBF 2021 - Tes Usap PCR Jadi Rutinitas Baru

Daniel Marthin menjalani tes usap PCR di "gelembung" Indonesia Badminton Festival 2021 (Humas PP PBSI)
Daniel Marthin menjalani tes usap PCR di "gelembung" Indonesia Badminton Festival 2021 (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Nusa Dua - Selama mengikuti Indonesia Badminton Festival (IBF) 2021 di Nusa Dua, Bali, keseharian para atlet tak hanya berlatih. Mereka juga punya rutinitas baru, menjalani tes usap (swab) reaksi berantai polimerase (polymerase chain reaction/PCR). Demi menjaga kesehatan dan keselamatan dari virus Covid-19, setiap individu di "gelembung" wajib menjalani tes usap PCR.

Tes ini menjadi kebiasaan baru bagi para pemain, jelang tampil di turnamen pembuka IBF, Indonesia Masters 2021, di Nusa Dua, Bali, pada 16-21 November.

Pada tes pertama usai tiba di Pulau Dewata pada 12 November, sebanyak 667 orang wajib menjalani tes usap PCR. Jumlah tersebut mencakup para pemain, pelatih, ofisial, panitia, serta media.

Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19 Nasional Sonny Harry B Harmadi menyatakan, di Nusa Dua, Sabtu (13/11), hasil tes PCR pertama tersebut semuanya negatif. "Hasil tes PCR menunjukkan semuanya sehat," ujarnya, melalui siaran pers Humas PP PBSI.

"Ini kabar yang melegakan. Kita harapkan hingga turnamen berakhir, semuanya sehat dan negatif dari Covid-19," Sonny, menambahkan.

Sebagai langkah pencegahan, pada tes PCR kedua juga diikuti 667 orang.

"Semoga semua sehat, sehingga kita bisa meraih tiga sukses, yaitu sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, dan sukses terhindar dari penyebaran Covid-19," pungkasnya.