India Open 2023 - Indonesia Tanpa Ganda Putri, Rinov/Pitha Incar Kemenangan Perdana

Shesar Hiren Rhustavito (Humas PP PBSI)
Shesar Hiren Rhustavito (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Sebanyak sembilan wakil Indonesia bertanding di hari kedua India Open 2023, Rabu (18/1) pagi. Tak satu pun di antara wakil "Merah Putih" berasal dari sektor ganda putri, setelah Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti mundur dari turnamen BWF World Tour Super 750 tersebut. Ganda putra Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan alias "The Daddies" bertemu dengan runner-up Malaysia Open 2023 Liang Wei Keng/Wang Chang asal China.

Dalam catatan Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF), Ahsan/Hendra dan Liang/Wang masing-masing membukukan satu kemenangan dalam dua kali pertemuan. Liang/Wang datang ke arena pertandingan India Open 2023 di KD Jadhav Indoor Hall, New Delhi, Rabu (18/1), setelah merampungkan laga final melawan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di Kuala Lumpur pada pekan lalu.

Selain Ahsan/Hendra, juga bertanding di Lapangan 1, satu-satunya wakil Indonesia pada nomor tunggal putri, Gregoria Mariska Tunjung, berhadapan dengan Line Christophersen. Pebulu tangkis putri Denmark itu unggul 1-0 atas Gregoria dalam rekor pertemuan mereka.

Tunggal putra Shesar Hiren Rhustavito bertemu unggulan kedua dari Malaysia, Lee Zii Jia. Vito --sapaan akrab atlet asal klub PB Djarum tersebut-- unggul 5-4 atas Lee. Sementara, ganda campuran Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja akan menantang wakil Malaysia lainnya, Tan Kian Meng/Lai Pei Jing, yang diunggulkan di posisi keenam. Belum ada rekor pertemuan antara kedua pasangan.  

Di Lapangan 2, ganda campuran pelatnas Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela bertemu dengan Mathias Christiansen/Alexandra Bøje dari Denmark. Christiansen/Bøje unggul 1-0 atas Zacha/Bela dalam rekor pertemuan.

Kemudian di Lapangan 3, ada tiga wakil Indonesia yang akan bertanding. Fajar/Rian, ganda putra nomor satu dunia yang juga unggulan kedua turnamen, bertemu dengan Choi Sol Gyu/Kim Won Ho. Fajar/Rian telah mengantongi dua kemenangan dalam dua pertemuan dengan pasangan Korea Selatan tersebut.

Di lapangan yang sama, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari berupaya untuk meraih kemenangan pertama atas Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping asal China. Dalam catatan head-to head BWF, Wang/Huang --unggulan keempat turnamen-- selalu menang dalam lima pertemuan dengan Rinov/Pitha.

Berikut jadwal pertandingan para wakil "Merah Putih" di hari kedua India Open 2023, Rabu (18/1):

Lapangan 1
Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (4)
vs. Liang Wei Keng/Wang Chang (China)
Gregoria Mariska Tunjung vs. Line Christophersen (Denmark)
Shesar Hiren Rhustavito vs. Lee Zii Jia (Malaysia/2)
Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja vs. Tan Kian Meng/Lai Pei Jing (Malaysia/6)

Lapangan 2
Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela
vs. Mathias Christiansen/Alexandra Bøje (Denmark)

Lapangan 3
Choi Sol Gyu/Kim Won Ho (Korea Selatan) vs. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (2)
He Ji Ting/Zhou Hao Dong (China) vs. Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana
Lu Guang Zu (China) vs. Anthony Sinisuka Ginting (6)
Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari
vs. Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping (China/4)