Indonesia Masters 2023 - Tersisa Tunggal dan Ganda Putra

Daniel Marthin & Leo Rolly Carnando (Djarum Badminton)
Daniel Marthin & Leo Rolly Carnando (Djarum Badminton)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Para pemain andalan tuan rumah bertumbangan di babak delapan besar Indonesia Masters 2023, Jumat (27/1). Peluang untuk meraih podium teratas dari turnamen BWF World Tour Super 500 ini hanya bertumpu pada Jonatan Christie dan Chico Aura Dwi Wardoyo pada sektor dua tunggal putra serta satu ganda putra Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin. Ketiga wakil "Merah Putih" tersebut akan berlaga di semifinal pada Sabtu (28/1) di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Jonatan alias Jojo menjadi yang pertama meraih tiket ke babak empat besar, setelah menang atas Lakhsya Sen dari India pada perempat final. Peraih keping emas Asian Games 2018 itu menang rubber game atas Sen dengan skor 15-21, 21-10, 21-13.

Dengan kemenangan tersebut, tunggal putra kelahiran Jakarta, 15 September 1997 itu akan berhadapan dengan wakil China, Shi Yu Qi. Tunggal putra negeri tirai bambu tersebut lolos ke semifinal setelah menghentikan rekan satu negaranya, Lu Guang Zu, lewat straight games 21-10, 21-17.

Menghadapi Shi Yu Qi yang performanya tengah menanjak, Jojo mengaku tidak ingin jemawa dan tetap fokus. "Saya ingin menampilkan permainan yang menghibur untuk penonton," kata Jojo, dalam siaran pers Humas PP PBSI.

Berdasarkan rekor pertemuan, Jojo tercatat telah lima kali meraih kemenangan dalam sembilan laga melawan Shi Yu Qi. Kemenangan terakhir diraih Jojo pada babak 16 besar Indonesia Masters 2019. Saat itu Jojo menang dua gim langsung atas tunggal putra berperingkat 27 dunia itu dengan skor 22-20, 21-6.

Leo/Daniel menjadi satu-satunya ganda putra Indonesia yang lolos ke semifinal, setelah mengemas kemenangan straight games 21-13, 21-11 atas Keiichiro Matsui/Yoshinori Takeuchi dari Jepang.

Pada babak empat besar, Leo/Daniel berhadapan dengan wakil Jepang lainnya, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi. Juara Indonesia Masters 2021 itu lolos babak empat besar turnamen bulu tangkis BWF World Tour Super 500 ini seusai mengalahkan wakil tuan rumah, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri, dengan skor 21-11, 21-13.

Menghadapi juara dunia 2021 Hoki/Kobayashi, Leo/Daniel bertekad tampil lebih baik lagi ketimbang pertandingan sebelumnya. Maklum, sejauh ini ganda putra berperingkat 17 dunia itu masih belum menemukan bentuk permainan terbaiknya selama turnamen ini. "Kami ingin bermain lebih baik lagi. Evaluasinya mungkin kami harus tampil lebih semangat lagi. Terlebih kami didukung suporter di sini," kata Daniel.

Kedua pasangan masing-masing telah mengantongi satu kemenangan dari dua pertandingan. Pada pertemuan terakhir, Leo/Daniel kalah dari ganda putra peringkat empat dunia itu dengan skor 16-21, 18-21 di babak 16 besar Hylo Open 2022.

Chico menjadi wakil Indonesia terakhir yang menembus babak empat besar, setelah mengakhiri perlawanan Brian Yang dari Kanada di perempat final. Juara Malaysia Masters 2022 itu menang dengan skor identik 21-16, 21-16. Di semifinal, Chico akan menantang Ng Ka Long Angus dari Hong Kong, yang sebelumnya menang atas wakil Jepang, Kanta Tsuneyama, dengan skor 21-19, 21-19.