(Japan Open) Rinov/Pitha Tersingkir di Laga Pembuka

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (Indonesia) bersiap menghadang serangan.
Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (Indonesia) bersiap menghadang serangan. (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Pasangan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari harus tersingkir di laga pembuka Japan Open 2019 BWF World Tour Super 750 setelah kalah dalam pertarungan tiga game kontra ganda campuran Denmark, Mathias Christiansen/Alexandra Boje. Bertanding di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Rabu (24/7), Rinov/Phita tumbang 21-16, 8-21 dan 17-21 atas Christiansen/Boje.

“Lawan kita posturnya tinggi, jadi bola-bola atas mereka tajam, jangkauan mereka lebih jauh. Sebetulnya bisa diatasi dengan pola main kita yang benar. Tapi tadi kita tidak bisa menjalankannya di lapangan. Sekalinya bisa, nanti terbawa permainan lawan lagi,” jelas Pitha Haningtyas Mentari.

Rinov/Phita sebetulnya sudah bermain cukup baik di game pertama. Pasangan Juara Dunia Junior 2017 ini berhasil menjalankan pola permainan yang tepat. Namun penampilan Rinov/Phita di game kedua cenderung menurun dan banyak melakukan kesalahan sendiri. Memasuki game ketiga, Rinov/Phita mengawali pertarungan dengan keadaan unggul. Tapi setelah interval, justru giliran Christiansen/Boje yang terus memberikan tekanan dan serangan, hingga akhirnya mampu menumbangkan Rinov/Phita.

“Sebetulnya di game pertama, kita sudah dapat pola mainnya. Di game kedua, lawan mengubah pola main dan banyak adu drive. Kita bisa bangkit lagi di game ketiga, tapi waktu pindah lapangan, lawan mengubah pola main lagi, kita tidak siap dan tidak bisa cari cara keluar dari tekanan mereka,” katanya.

Sementara itu, Rinov Rivaldy mengakui bila banyak melakukan kesalahan sendiri menjadi faktor utama kekalahannya hari ini. “Kekalahan hari ini kesalahannya lebih dari kita, dari pertandingan-pertandingan sebelumnya, kita sudah unggul tapi nggak bisa jaga poin, kita nggak bisa lepas dari tekanan. Kita bermain kurang konsisten, yang paling utama ya itu, konsentrasinya, kebanyakan masalahnya non-teknis,” ungkap Rinov.

Dengan hasil ini, sektor ganda campuran Indonesia menyisakan pasangan Hafiz Faizal/Gloria Emanulle Widjaja dan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti di babak dua Japan Open 2019 BWF World Tour Super 750. Selanjutnya, Hafiz/Gloria akan berhadapan dengan wakil Inggris, Marcus Ellis/Lauren Smith. Sedangkan Praveen/Melati akan melandeni perlawanan ganda campuran asal Hong Kong, Chang Tak Ching/Ng Wing Yung.

Sementara Rinov/Pitha akan melanjutkan persiapannya jelang kejuaraan Thailand Open 2019 BWF World Tour Super 500 yang akan berlangsung di Bangkok, pekan depan.