Jelang BWF WTF 2022 - Satu Grup, Jojo Jumpa Ginting di Laga Pertama

Jonatan Christie (Humas PP PBSI)
Jonatan Christie (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Bangkok | Berada dalam grup yang sama di BWF World Tour Finals (WTF) 2022, membuat dua wakil tunggal putra Indonesia Jonatan Christie alias Jojo dan Anthony Sinisuka Ginting akan membuka laga Grup B dengan saling berhadapan. Laga ini akan digelar pada Rabu (7/12) di Nimibutr Arena, Bangkok, Thailand. Selain Jojo dan Anthony, dalam grup ini ada Chou Tien Chen dari Taiwan dan Loh Kean Yew (Singapura).

"Siapa pun lawannya harus siap dan fokus. Kalau sudah di level ini saya rasa semua rata kekuatannya," kata Anthony, melalui siaran pers Humas PP PBSI, Selasa (6/12).

"Saya dan Jojo memang setiap hari latihan bersama tapi di pertandingan akan berbeda. Secara tingkatan tekanan pasti sama-sama merasakan tapi otomatis sudah sama-sama tahu pola permainan jadi fokus pada diri sendiri dulu. Biar di lapangan siap untuk mengadu mental dan strategi," Anthony, menambahkan.

Sementara Jojo menekankan keinginan untuk menikmati pertandingan tanpa terbebani target kemenangan. "Kekuatan semua merata, semua punya peluang yang sama. Tinggal bagaimana nanti cara menyelesaikan permasalahan di lapangan. Itu mungkin yang akan jadi pembeda," katanya.

"Saya di sini ingin belajar untuk bisa menikmati setiap pertandingan, mainnya senang, tanpa ada rasa beban harus menang dan sebagainya. Memang ini pertandingan penting tapi saya mau coba menikmatinya saja," Jojo, menjelaskan.

Dalam kesempatan yang sama, sang pelatih Irwansyah sedikit menyayangkan dua anak asuhnya berada di grup yang sama. Tapi dia berharap Jojo dan Anthony bisa menampilkan performa terbaik untuk dapat lolos ke semifinal. "Kalau saya maunya mereka pisah grup tapi sudah terjadi undiannya jadi memang harus siap. Kesempatan masih ada untuk mereka bisa lolos ke babak berikutnya. Jadi kita lihat saja," ujarnya.

Sekadar informasi, Grup A tunggal putri dihuni oleh Viktor Axelsen (Denmark), Prannoy H.S. (India), Kodai Naraoka (Jepang) dan Lu Guang Zu (China).

Berikut rekor pertemuan Anthony dan Jonatan dengan calon lawan-lawannya di penyisihan grup BWF WTF 2022

Anthony Sinisuka Ginting
Melawan Chou Tien Chen (Taiwan/2)

Rekor pertemuan: 8-6
Pertemuan terakhir: Final Hylo Open 2022 (Ginting menang 18-21, 21-11, 24-22)

Melawan Jonatan Christie (Indonesia/4)
Rekor pertemuan: 3-3
Pertemuan terakhir: Semifinal Hong Kong Open 2019 (Ginting menang 22-20, 13-21, 21-18)

Melawan Loh Kean Yew (Singapura)
Rekor pertemuan: 2-2
Pertemuan terakhir: Perempat final Hylo Open 2022 (Ginting menang 21-13, 21-14)


Jonatan Christie
Melawan Chou Tien Chen (Taiwan/2)

Rekor pertemuan: 6-4
Pertemuan terakhir: Semifinal Kejuaraan Dunia 2022 (Jonatan kalah 21-14, 11-21, 20-22

Melawan Anthony Sinisuka Ginting (Indonesia)
Rekor pertemuan: 3-3
Pertemuan terakhir: Semifinal Hong Kong Open 2019 (Jonatan kalah 20-22, 21-13, 18-21)

Melawan Loh Kean Yew (Singapura)
Rekor pertemuan: 5-0
Pertemuan terakhir: Perempat final Kejuaraan Asia 2022 (Jonatan menang 22-20, 23-21)