(Jelang Olimpiade Rio 2016) Hendra Setiawan Bidik Emas Kedua

Hendra Setiawan
Internasional ‐ Created by RYN

Hendra Setiawan memiliki misi meraih emas keduanya dalam Olimpiade Rio, Agustus mendatang. Sebelumnya, Hendra meraih emas Olimpiade perdananya di Olimpiade Beijing 2008 saat berpasangan dengan Markis Kido.

Pasti ingin dapat emas lagi. Semoga tahun ini saya bisa meraih medali emas olimpiade bersama Ahsan. Saat ini kami sedang fokus ke persiapan olimpiade, masih ada waktu sebulan lebih. Masih banyak yang harus kami perbaiki dari segi teknik, fisik, maupun mental dan fokus. Mental memang sangat berpengaruh, terutama di pertandingan-pertandingan besar sepert olimpiade,” tutur Hendra.

Pasangan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan yang kini menduduki peringkat dua dunia berpeluang besar untuk menyambung tradisi emas Olimpiade bagi Indonesia yang sempat terputus di Olimpiade London 2012 lalu. Hendra/Ahsan juga memiliki catatan kemenangan atas beberapa pasangan ganda putra terbaik dunia.

Diantaranya rangking satu dunia yang juga juara Badminton Asia Championships 2016, Lee Yong Dae/Yoo Yeon Seong (Korea) dan ganda terkuat Tiongkok yang merupakan juara Singapore Open Super Series 2016, Fu Haifeng/Zhang Nan. Kedua pasangan ini memang menjadi musuh terberat Hendra/Ahsan.

Pasangan Korea dan Tiongkok adalah lawan terberat. Tetapi di olimpiade rasanya lawan semuanya berat. Karena pemain yang rangking dibawah malah bisa saja mengalahkan yang rangkingnya lebih tinggi,” sahut Hendra.

Hendra sendiri telah meraih segudang prestasi dalam karir bulutangkisnya. Pemain kelahiran Pemalang, 25 Agustus 1984 itu telah memiliki koleksi lengkap gelar kejuaraan internasional bergengsi seperti juara berbagai turnamen super series, super series premier, All England, Asian Games, SEA Games, Kejuaraan Dunia, hingga medali emas Olimpiade 2008. Rencananya, Olimpiade Rio 2016 akan digelar 11-20 Agustus 2016 di stadion Riocentro – Pavilion 4.