Kejuaraan Dunia Junior 2020 Digelar Tahun Depan

Tim junior Indonesia saat merebut Piala Suhandinata pada World Junior Championships 2019 di Kazan, Rusia.
Tim junior Indonesia saat merebut Piala Suhandinata pada World Junior Championships 2019 di Kazan, Rusia. (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Setelah mengumumkan regulasi baru soal kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020, Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) juga secara resmi mengundur pelaksanaan World Junior Championships (WJC) 2020 hingga tahun depan. Kejuaraan kelompok usia U-19 ini akan berlangsung di Auckland, Selandia Baru pada 11 hingga 24 Januari 2021 mendatang usai mengalami perubahan dari jadwal sebelumnya, yakni 28 September sampai 11 Oktober 2020.

Turnamen World Junior Championships akan dibuka dengan pertandingan nomor beregu campuran yang memperebutkan Piala Suhandinata pada 11 hingga 16 Januari tahun depan. Setelah itu, langsung dilanjutkan dengan nomor perorangan yang memperebutkan Piala Eye Level pada 18 sampai 24 Januari 2021.

Sebagaimana dikutip dari Badmintonindonesia.org, para pemain yang nantinya berhak berlaga di ajang WJC tahun depan adalah mereka yang telah memenuhi kriteria lolos sesuai dengan jadwal awal. Artinya persyaratan usia serta peringkat dunia junior yang digunakan mengacu pada World Junior Championships 2020.

BWF memutuskan untuk menunda turnamen ini demi memberi kesempatan pada tuan rumah, Auckland untuk menyelenggarakan turnamen yang sukses bagi banyak pemain junior. “Dengan mempertimbangkan segala hal, kita yakin bahwa memindahkan jadwal turnamen ini adalah pilihan terbaik untuk menghindari berbagai kendala terkait pembatasan perjalanan dan akibat lain dari wabah COVID-19,” kata Sekretaris Jenderal BWF, Thomas Lund.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PP PBSI, Achmad Budiharto menyebut bila diundurnya pelaksanaan WJC ini cukup memberi angin segar dan kesempatan bagi tim junior Indonesia untuk menambah waktu persiapan. Apalagi, para patriot muda Merah Putih ini menyandang status juara bertahan. “Kita bersyukur bahwa sudah ada kepastian waktu penyelenggaraan WJC, jadi kita bisa segera menyusun program persiapan untuk para pemain junior,” ujar Achmad Budiharto.

“Akan tetapi, dengan dipindahkannya WJC ke tahun depan, maka dari sekarang hingga akhir tahun ini belum ada kepastian lagi mengenai turnamen untuk pemain junior. Mereka akan langsung bertanding di bulan Januari di level tertinggi yaitu WJC. Jadi waktu kompetisinya berkurang, ini akan jadi tantangan berat untuk pemain junior,” ungkapnya menambahkan.

Di sisi lain, Kasubid Hubungan Internasional PP PBSI, Bambang Roedyanto mengatakan jika ada kemungkinan World Junior Championships akan dilaksanakan dua kali pada 2021 mendatang. “Bisa jadi akan ada dua WJC di tahun depan, karena jika mengacu pada kalender BWF di 2021, sudah dijadwalkan akan ada WJC 2021 di Tiongkok,” kata Rudy sapaan akrabnya.

Dalam kalender kejuaraan BWF 2021, memang sudah tertera jadwal WJC 2021 yang akan berlangsung di Tiongkok pada 4 hingga 17 Oktober 2021. Namun pihak tuan rumah belum menentukan di Kota mana kejuaraan tersebut akan digelar.