Korea Open 2022 - Final Pertama Jonatan Christie di Level 500

Jonatan Christie (Humas PP PBSI)
Jonatan Christie (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Bagi pemain tunggal Jonatan Christie, partai puncak Korea Open 2022, Minggu (10/4), merupakan final pertamanya dalam turnamen BWF World Tour Super 500, sejak format turnamen BWF World Tour dipergunakan pada 2018. Jonatan mencatatkan back-to-back final setelah menjuarai Swiss Open 2022 pada pekan lalu. Kini, Jonatan tinggal selangkah lagi mencapai target menjuarai turnamen BWF World Tour di atas level Super 300.

"Saat tampil dalam turnamen Indonesia Terbuka dan Indonesia Masters di Bali, November 2021, Jonatan mengemukakan keinginannya menjuarai turnamen level Super 500 atau lebih. Dia pun menyadari harus meningkatkan level kemampuan dari sisi teknis dan nonteknis," tulis Kompas, Minggu (10/4).

Dalam catatan media harian tersebut, gelar juara peraih keping emas Asian Games 2018 ini baru didapat dari turnamen berlevel Super 300. Jonatan menjuarai New Zealand Open 2019 dan Australia Open 2019, serta Swiss Open 2022.

"Kini, kesempatan baru datang di Korea Terbuka. Peluang menjadi juara semakin terbuka karena lawan yang akan dihadapi bukan pemain top dunia. Weng adalah tunggal putra nomor sembilan China yang berperingkat ke-156 dunia," lapor Kompas, dalam berita bertajuk "Peluang Naik Kelas Jonatan Christie".

Di sisi lain, pemuda yang akrab disapa Jojo ini datang ke Korea Selatan dengan kepercayaan diri tinggi, setelah keluar sebagai juara di Swiss.

Menurut pelatih tunggal putra pelatnas bulu tangkis Indonesia, Irwansyah, Jojo perlu konsisten agar dapat naik di podium teratas turnamen level Super 500.

Irwansyah pun selalu mengingatkan agar Jonatan selalu yakin dengan kemampuannya. "Jadi, meskipun dia melakukan kesalahan, saya terus meyakinkannya bahwa dia harus mencoba lagi, apalagi jika arah dan jenis pukulannya bagus," tutur Irwansyah.