[Malaysia Masters 2016] Tommy Tantang Qiao Bin

Internasional ‐ Created by PB Djarum

Tommy Sugiarto masih bisa menjaga asa merah putih di nomor tunggal putra Malaysia Masters 2015. Menjadi satu-satunya wakil tersisa, Tommy berhasil mengantongi kemenangan pada laga babak ketiga yang digelar kemarin (21/1).

Di turnamen yang digelar di Standium Spice, Penang, Malaysia, Tommy berjumpa dengan pebulutangkis Korea, Lee Dong Keun. Ini adalah pertemuan keempat bagi mereka, sebelumnya catatan kemenangan adalah 2-1 untuk Tommy, dimana Tommy sempat menelan kekalahan di French Open 2015 lalu. Kala itu, ia menyerah 16-21, 21-14 dan 19-21.

Tetapi kali ini, Tommy kembali bisa mendominasi laju pertandingan. Di game pembuka, Tommy bahkan mampu unggul 12-0. Ia pun tak menyia-nyiakan kesempatan ini dan akhirnya hanya memberikan dua angka kepada Lee, ia menang 21-2. Sementara di game kedua, Tommy sempat mendapat perlawanan. Pertarungan berjalan cukup ketat. Sempat tertinggal 4-8 diawal pertandingan, Tommy berhasil menyamakan kedudukan diangka 12, dan balik unggul 17-13. Raihan angkanya sempat kembali imbang diangka 17, tetapi Tommy mampu segera mengakhiri pertandingan ini dengan 21-17.

Di babak perempat final yang akan digelar hari ini (22/1), Tommy dinanti oleh pebulutangkis Tiongkok, Qiao Bin. Ia melaju ke perempat final usai menundukkan wakil tuan rumah, Teck Zhi Soo dengan 21-13 dan 21-10, setelah di babak kedua Qiao menghentikan Simon Santoso.

Perjumpaan di perebutan tiket perempat final nanti akan menjadi perjumpaan pertama bagi kedua pebulutangkis ini. Di atas kertas, Tommy memang lebih diunggulkan. Saat ini Tommy menghuni ranking 11 dunia, sementara Qiao masih berada diurutan 54.

Babak perempat final lainnya akan mempertemukan andalan tuan rumah, Lee Chong Wei dengan unggulan 10 asal India, Ajay Jayaram. Sementara Ng Ka Long Angus dari Hong Kong akan menjajal kemampuan Iskandar Zulkarnain Zainuddin dari Malaysia, dan unggulan dua, K Srikanth asal India akan menguji kemampuan pebultuangkis Tiongkok, Huang Yuxiang.