Malaysia Masters 2023 - Korea Selatan Mendominasi, Tuan Rumah Nirgelar

Gregoria Mariska Tunjung & Akane Yamaguchi (Humas PP PBSI)
Gregoria Mariska Tunjung & Akane Yamaguchi (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Dua wakil Korea Selatan, ganda putri Baek Ha Na/Lee So Hee dan ganda putra Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae, keluar sebagai juara Malaysia Masters 2023. Bertanding di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Minggu (28/5), para pebulu tangkis asal negeri ginseng tersebut mengalahkan para wakil tuan rumah, Pearly Tan/Thinaah Muralitharan dan Man Wei Chong/Kai Wun Tee. Jepang, China, dan India, masing-masing meraih satu gelar juara.

Gelar juara pertama bagi Korea Selatan pada turnamen level BWF World Tour Super 500 ini diraih oleh Baek/Lee setelah bertarung selama 101 menit melawan Pearly/Thinaah. Baek/Lee memenangi drama tiga gim tersebut dengan skor 22-20, 8-21, 21-17.

Dalam wawancara dengan Astro Arena, Pearly berujar, "Kami memulai pertandingan dengan baik. Tapi di sisi lain, lawan memang lebih baik dalam mempersiapkan diri untuk pertandingan final ini, sementara kami belum cukup fit. Ini salah satu hal yang perlu kami perhatikan di masa mendatang untuk dapat memberikan performa yang lebih baik lagi."

Lebih lanjut atlet kelahiran Kedah ini menyatakan, salah satu kelemahan yang kerap menghantui mereka adalah kesabaran. Mereka kerap terburu-buru yang berujung pada sejumlah kesalahan sendiri, sehingga lawan mendapatkan poin dengan cuma-cuma. "Kami perlu kembali untuk fokus memperbaiki hal ini," katanya.

"Saya cukup senang, tapi tidak puas dengan hasil ini karena kami merasa bisa memberikan hasil yang lebih baik. Jadi untuk persiapan turnamen selanjutnya, kami perlu berlatih lebih keras lagi, memperbaiki berbagai kekuarangan, dan kembali lebih kuat lagi," Pearly, menjelaskan.

Gelar juara kedua bagi Korea Selatan diraih oleh Kang/Seo, yang juga harus melalui drama tiga gim untuk mengalahkan wakil tuan rumah. Mereka mampu mengatasi Man Wei Chong/Kai Wun Tee dengan skor 21-15, 22-24, 21-19.

Berikut hasil pertandingan final Malaysia Masters 2023:

Ganda Campuran
Feng Yan Zhe/Huang Dong Ping (China/4) vs. Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai (Thailand/2) 21-16, 13-21, 18-21

Tunggal Putri
Akane Yamaguchi (Jepang/1)
vs. Gregoria Mariska Tunjung (7) 21-17, 21-7

Ganda Putri
Baek Ha Na/Lee So Hee (Korea Selatan)
vs. Pearly Tan/Thinaah Muralitharan (Malaysia/6) 22-20, 8-21, 21-17

Tunggal Putra
Prannoy H. S. (India)
vs. Weng Hong Yang (China) 21-19, 13-21, 21-18

Ganda Putra
Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae
(Korea Selatan) vs. Man Wei Chong/Kai Wun Tee (Malaysia) 21-15, 22-24, 21-19