(Malaysia Masters) Lewati Kualifikasi, Ruselli Siap All Out

Ruselli Hartawan bersiap menyambut pengembalian.
Ruselli Hartawan bersiap menyambut pengembalian. (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Kuala Lumpur | Pebulutangkis tunggal putri Indonesia, Ruselli Hartawan siap bersaing di babak utama Malaysia Masters 2019 BWF World Tour Super 500 setelah berhasil melewati fase kualifikasi lewat kemenangan 21-13 dan 26-24 atas wakil India, Rituparna Das, pada pertandingan yang berlangsung di Axiata Arena, Kuala Lumpur Sport City, Selasa (15/1).

Pada awal permainan di game pertama, Ruselli harus lebih dulu tertinggal dalam perolehan poin sebelum interval. Pebulutangkis asuhan PB Jaya Raya Jakarta ini perlahan memperpendek jarak ketertinggalan dan berbalik unggul hingga akhirnya menutup permainan dengan kemenangan 21-13.

Penampilan Ruselli di game kedua terlihat lebih baik dalam hal penguasaan lapangan. Ia nyaris saja kehilangan game kedua saat tertinggal 17-20. Ruselli mengaku cukup kesulitan dalam mengontrol akurasi pukulan di poin-poin kritis. Beruntung, ia bisa bermain tenang dan menutup pertarungan dengan kemenangan dua game langsung dalam durasi 29 menit.

“Sebenarnya game pertama saya kurang enak di lapangan. Game kedua seharusnya lebih enak mainnya karena kalah angin. Tapi pukulan saya malah banyak yang nggak pas. Lawannya lumayan bagus, ada ngatur bolanya. Tapi karena saya sudah menonton video dia, jadi sudah lebih tahu,” kata Ruselli Hartawan selepas pertandingan.

Masuk ke babak utama Malaysia Masters 2019 BWF World Tour Super 500, Ruselli akan ditantang pebulutangkis tunggal putri Hong Kong, Yip Pu Yin. Ini akan menjadi perjumpaan perdana bagi keduanya. Kendati demikian, Ruselli mengaku siap tampil all out di lapangan. “Buat besok mau ngasih yang terbaik aja. Sama lihat video pertandingan lawan. Pengennya bisa ngalahin pemain-pemain yang di atas saya,” tegasnya.

Selain Ruselli, Yulia Yosephine Susanto juga sukses lolos ke babak utama. Yulia menang 21-17 dan 21-13 atas wakil Amerika Serikat, Disha Gupta. Keduanya akan berlaga di babak pertama, menyusul pemain Indonesia lainnya, Gregoria Mariska Tunjung, Fitriani dan Lyanny Alessandra Mainaky.