Menang Solid Atas Wakil Kanada, Okuhara Jumpa Marin di Partai Puncak

Nozomi Okuhara (Jepang) mengembalikan shuttlecock.
Nozomi Okuhara (Jepang) mengembalikan shuttlecock.
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Tunggal putri unggulan kedua asal Jepang, Nozomi Okuhara berhasil melaju ke babak final Denmark Open 2020 BWF World Tour Super 750 lewat kemenangan solid atas wakil Kanada, Michelle Le dengan skor 21-10 dan 21-7 pada pertandingan yang berlangsung di Odense Sport Park, Denmark, Sabtu (17/10). Okuhara hanya membutuhkan waktu 31 menit untuk memastikan tiket ke partai puncak.

Hasil manis ini sekaligus menjadi kemenangan kedelapan yang mampu dicatatkan Okuhara atas Li dalam total 11 pertemuan. Pada perjumpaan terakhir di ajang All England 2020 BWF World Tour Super 1000, pertengahan Maret lalu, Okuhara juga berhasl memetik kemenangan solid dua game langsung dengan skor 21-12 dan 21-12.

Pada laga pamungkas petang nanti (18/10), Nozomi akan bentrok dengan tunggal putri nomor enam dunia asal Spanyol, Carolina Marin. Peraih medali emas Olimpade Rio de Janeiro 2016 itu lebih dulu lolos ke final Denmark Open 2020 BWF World Tour Super 750 berkat kemenangan 21-17 dan 21-11 atas wakil Jerman, Yvonne Li.

Petang nanti akan menjadi pertemuan ke-16 bagi Okuhara dan Marin. Namun berdasarkan catatan head to head dalam 15 pertemuan sebelumnya, Marin lebih diunggulkan lewat koleksi delapan kemenangan. Okuhara juga punya kenangan kurang menyenangkan pada pertemuan terakhir mereka di ajang Daihatsu Indonesia Masters 2020 BWF World Tour Super 500, Januari lalu. Saat itu, dia kalah dua game langsung dengan skor 13-21 dan 15-21.

Okuhara sendiri merupakan satu-satunya waki tunggal putri Jepang turun di Denmark Open 2020 BWF World Tour Super 750 ini. Kompatriotnya, Akane Yamaguchi memutuskan mundur sepekan sebelum kejuaraan dihelat karena alasan kesehatan dan keselamatan. Tapi bagi Okuhara, keiikutsertaannya di turnamen ini tak lepas dari kehadiran pemegang tiga gelar juara dunia, Carolina Marin.

“Saya memutuskan untuk menghadiri Denmark Terbuka karena Marin juga hadir, jadi saya senang saya telah mencapai final dan akan bermain melawan dia. Saya ingin menikmati pertandingan melawan Marin dan saya ingin menunjukkan apa yang telah saya kerjakan selama istirahat dari kompetisi,” kata Nozomi Okuhara mengutip dari situs resmi Federasi Bulutangkis Dunia (BWF), bwfbadminton.com.